Sukses


Cara Menghemat Minyak Goreng saat Memasak, Bikin Irit Pengeluaran

Bola.com, Jakarta - Minyak goreng merupakan satu di antara bahan yang sering dipakai saat memasak. Punggunaan minyak goreng bisa dibilang sangat krusial saat memasak.

Hal itu dikarenakan hampir semua jenis makanan, baik yang dimasak dengan cara ditumis maupun digoreng, menggunakan minyak. Kondisi tersebut yang membuat penggunaan minyak goreng menjadi boros.

Pengeluaran untuk minyak goreng setiap bulan bisa lumayan. Apalagi, harga minyak goreng terbilang cukup mahal dibandingkan dengan bahan pokok yang lain.

Maka itu, langkah pertama untuk menghemat pengeluaran bulanan belanja dapur Anda bisa difokuskan pada minyak goreng. Lalu, bagaimana cara menghemat minyak goreng saat memasak?

Berikut ini rangkuman tentang cara menghemat pemakaian minyak goreng saat memasak, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (21/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menghemat Minyak Goreng

1. Gunakan Wajan Antilengket untuk Memasak

Memasak menggunakan wajan antilengket bisa menghemat minyak goreng cukup banyak. Terutama untuk keperluan menumis atau memanggang.

Memasak menggunakan wajan antilengket tidak membutuhkan minyak yang banyak untuk mematangkan masakan, jadi bisa menghemat minyak goreng.

2. Masak Bahan Makanan dengan Metode Pan Fried

Ada banyak metode atau cara memasak yang dikenal di dunia kuliner. Beberaoa metode memasak tersebut, antara lain shallow frying, pan-frying, sauteing, dan stir-frying.

Jika semua cara dibandingkan, pan-frying menjadi metode yang menggunakan minyak goreng paling sedikit.

3 dari 4 halaman

Cara Menghemat Minyak Goreng

3. Masak dengan Cooking Spray

Daripada menuangkan minyak, coba gunakan cooking spray untuk memasak. Melalui cara ini, minyak bisa tersebar sempurna di seluruh permukaan makanan tanpa harus menuangkan banyak-banyak.

Adapun praktiknya dengan cara memanaskan penggorengan terlebih dahulu, baru kemudian semprotkan minyaknya. Dengan demikian akan sedikit saja minyak yang digunakan saat memasak.

Selain menghemat, ini juga akan menyehatkan tubuh karena makanan jadi lebih rendah kolesterol.

4. Ganti Goreng dengan Panggang

Cara lain untuk menghemat penggunaan minyak goreng ialah dengan cara mengganti metode memasak dengan cara digoreng dengan memanggang. Selain lebih hemat minyak, cara ini juga membuat hasil masakan lebih rendah kalori.

4 dari 4 halaman

Cara Menghemat Minyak Goreng

5. Gunakan Minyak Goreng Berulang

Idealnya, minyak goreng hanya dipakai memasak sekali. Namun, sebenarnya minyak goreng masih aman digunakan berulang.

Hanyam perlu diingat juga, penggunaan minyak goreng maksimal tiga kali penggorengan saja. Jika digunakan berulang-ulang, minyak akan menghitam dan pastinya kualitasnya akan menurun.

6. Hangatkan Makanan dengan Cara Dikukus

Biasanya makanan dihangatkan dengan cara digoreng. Namun, untuk menghangatkan makanan bisa dengan cara dikukus atau dimasukkan di microwave.

Jadi, tidak perlu menggunakan minyak goreng lagi. Cara menghemat pemakaian minyak goreng satu ini tentu juga dapat diterapkan sesuai kebutuhan.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Tantri Setyorini. Published: 24/10/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer