Sukses


7 Cara Mengendalikan Emosi agar Tidak Merugikan Diri Sendiri dan Orang Lain

Bola.com, Jakarta - Semua orang yang ada di dunia ini pasti pernah merasakan emosi. Apalagi ketika dihadapkan dengan persoalan hidup, wajar emosi kita tersulut tiba-tiba. Misal, merasa kesal saat terjebak macet.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, emosi adalah luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat; marah.

Bentuk emosi biasanya berupa rasa sedih, kecewa, atau marah yang dilampiaskan pada aktivitas fisik atau kegiatan lain yang bisa melepaskan stres.

SebaiknyaAnda harus tahu bagaimana cara mengendalikan emosi diri agar tidak membuat masalah makin rumit.

Cara mengendalikan emosi merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki semua orang. Sebab, emosi yang berlebihan dapat merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Lantas, bagaimana cara mengendalikan emosi? Berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Anda mengendalikan emosi, disadur dari Liputan6 dan Kapanlagi, Jumat (21/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengendalikan Emosi

1. Berhitung

Cara menahan emosi yang pertama adalah dengan berhitung. Cobalah Anda berhitung dari 1 hingga 10. Apabila Anda sangat emosi, berhitunglah hingga 100. Pada saat Anda berhitung, denyut nadi Anda akan turun dan kemarahan Anda akan lebih mungkin untuk reda.

2. Tarik Napas yang dalam dan Lambat

Ketika Anda emosi, napas Anda akan lebih pendek-pendek dan cepat. Tarik napas yang dalam dan lambat dari hidung dan keluarkan dari mulut untuk beberapa saat.

Teknik pernapasan ini dapat menjadi satu di antara cara mengelola emosi. Dengan menarik napas dalam dan lambat, diharapkan emosi Anda dapat mereda.

3 dari 4 halaman

Cara Mengendalikan Emosi

3. Berolahraga agar Emosi Stabil

Cara mengatasi emosi yang tidak stabil juga bisa dilakukan dengan berolahraga seperti berjalan kaki, mengendarai sepeda, atau berlari. Lakukanlah hal yang dapat mengalihkan pikiran dan membuat tubuh Anda menjadi lebih baik.

4. Kelola Emosi dengan Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dapat menjadi satu di antara cara mengendalikan emosi. Dengarkan musik yang membuat Anda tenang.

Gunakan earphone atau pergi ke suatu tempat yang tenang, putarkan lagu kesukaan Anda, dan dengarkan. Biarkan musik membawa pergi emosi Anda dan membuat Anda menjadi lebih tenang.

5. Jangan Bicara

Kadang, tidak bicara dapat menjadi cara mengontrol emosi yang efektif. Bila Anda ingin marah, tahanlah dan berhenti berbicara.

Tutup mulut Anda dan jangan biarkan satu buah kata keluar dari mulut Anda. Waktu Anda diam ini akan membuat Anda berpikir kembali untuk marah dan membantu meredakan amarah.

4 dari 4 halaman

Cara Mengendalikan Emosi

6. Kendalikan Emosi dengan Menenangkan Diri

Berilah diri Anda waktu untuk menyendiri menjauhi orang lain dan pergi ke suatu tempat. Dengan menyendiri, Anda dapat memikirkan segala sesuatunya dengan lebih jernih. Jadi duduklah dan tarik napas sejenak, lalu cari solusi untuk menyelesaikan masalah yang membuat Anda marah tersebut.

7. Berhenti Sejenak dari Aktivitas

Saat Anda emosi, cobalah berhenti sejenak dan pikirkan apa yang Anda ingin lakukan dan katakan. Dengan berhenti sejenak dan berpikir, Anda dapat memikirkan kemungkinan tanggapan dari perkataan atau perbuatan yang akan Anda lakukan.

 

Disadur dari: Liputan6.com, (Penulis: Edelweis Lararenjana, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 28/7/2021), Kapanlagi.com, (Penulis: Dita Tamara. Published: 24/11/2020).

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer