Sukses


Cara Menurunkan Berat Badan saat Sedang Tidur, Mudah Dilakukan dan Efektif

Bola.com, Jakarta - Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan beragam cara, satu di antaranya dengan program diet. Selain melakukan diet dan aktivitas fisik, menjaga tidur berkualitas juga merupakan kuncinya.

Namun, hal tersebut perlu untuk diimbangi dengan menjaga pola makan dan olahraga rutin. Dengan begitu, bisa lebih mudah mendapatkan tubuh yang sehat dan langsing.

Memiliki bentuk tubuh yang ideal dan proporsional bisa dibilang jadi dambaan banyak orang. Namun, untuk bisa mewujudkannya bukan perkara mudah. Tak sedikit orang yang menyerah di tengah jalan saat menjalankan program diet.

Sebuah studi dalam buku terlaris di New York Time, Zero Belly Diet, mencatat ada beberapa cara menurunkan berat badan. Satu di antaranya bisa dilakukan menjelang tidur.

Jadi, melakukan beberapa hal sebelum tidur dapat menurunkan berat badan hingga 55 persen. Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan saat tidur?

Berikut ini rangkuman tentang cara menurunkan berat badan sebelum tidur, seperti dilansir dari Indiatimes via Liputan6, Senin (24/1/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan saat Sedang Tidur

  • Makan dengan Porsi Kecil di Malam Hari

Ketika Anda terlalu banyak makan sebelum tidur, tubuh akan bekerja sangat keras untuk mencernanya sepanjang malam. Jadi, sebaiknya pilih makan dalam porsi kecil saja.

  • Matikan Lampu sebelum Tidur

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Pineal Research mencatat, ketika Anda berada di ruangan gelap gulita, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang bukan hanya membuat Anda mengantuk, tetapi juga membantu proses pembakaran kalori.

Melatonin merupakan hormon penting untuk membakar lemak. Faktanya, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin ketika berada di ruangan gelap.

  • Gym Bukan Ide Bagus

Melakukan lathan di gym mendekati waktu tidur dapat mengacaukan jam biologis tubuh Anda. Berolahraga di akhir malam justru akan memberi energi sehingga Anda mungkin akan sulit tidur karena lelah.

3 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan saat Sedang Tidur

  • Matikan Gadget

Studi yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Manchester menemukan, panjang pendek gelombang cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone dan tablet dapat mengganggu melatonin.

Hal ini akan berpengaruh pada sistem metabolisme Anda. Cobalah untuk menghindari gadget selama dua jam sebelum Anda pergi tidur dan alihkan layarnya ke mode malam.

Gantilah tablet dengan buku kertas, dan Anda akan segera merasakan melatonin memanggil Anda untuk tidur.

  • Makan Mint

Mint memiliki kemampuan untuk menekan kelenjar ludah dan rasa lapar. Anda juga bisa mencoba membakar aromatherapy dengan wewangian mint agar tidur lebih tenang dan mencegah lapar.

4 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan saat Sedang Tidur

  • Jadwalkan Waktu Tidur

Penting untuk mengatakan kepada diri sendiri kalau kita bisa tidur lebih awal. Sebab pada orang dewasa, jadwal tidur yang disarankan sekitar 7-8 jam sehari.

Mengonsumsi teh sebelum tidur mungkin bisa membantu menenangkan pikiran. Selain karena wanginya yang menenangkan, mengonsumsi teh herbal juga bisa menurunkan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.

Sebelum tidur bisa memilih jenis teh chamomile, lavender atau valerian.

 

  • Mengunci Dapur

Coba mengunci dapur sekitar pukul 20.00 atau jangan mendekati dapur di jam tersebut. Hal ini akan membantu Anda menurunkan berat badan.

5 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan saat Sedang Tidur

  • Mandi Air Hangat

Setelah beraktivitas seharian, mandi merupakan satu di antara pilihan terbaik untuk mengatasi rasa penat dan lelah. Jangan salah, mandi juga termasuk cara untuk menurunkan berat badan di malam hari.

Mandi air hangat dapat membantu mencegah stres, mengendurkan otot-otot, dan menenangkan pikiran. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh kualitas tidur yang baik.

 

  • Hindari Makan Cokelat di Malam Hari

Meski cokelat memiliki banyak manfaat kesehatan, hindari makanan ini di malam hari. Cokelat mengandung kafein yang dapat membuat Anda sulit tidur.

Dianjurkan makan cokelat pada siang hari sehingga dapat membakar kalori ekstra juga sepanjang hari.

 

Sumber asli: Indiatimes

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Fitri Syarifah. Editor: Dyah Puspita Wisnuwardani. Published: 14/3/2016)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer