Sukses


Cara Meningkatkan Dopamin Secara Alami, Bantu Perkuat Daya Ingat

Bola.com, Jakarta - Dopamin adalah satu di antara neurotransmiter yang ada di otak manusia. Senyawa tersebut membawa pesan kimiawi pada otak utama, yang bertanggung jawab untuk membuat seseorang merasa termotivasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, dopamin adalah senyawa kimia dalam otak yang terbentuk sebelum epinefrina yang berfungsi sebagai penghubung sesama sel saraf dan sel otot.

Dopamin memberikan rasa kepuasan setelah mencapai tujuan yang diinginkan. Dopamin akan memberikan dorongan dan fokus yang dibutuhkan untuk tetap produktif.

Ketika dopamin dilepaskan dalam jumlah besar, akan menciptakan perasaan senang dan bahagia. Sebaliknya, tingkat dopamin yang rendah akan menurunkan motivasi dan antusiasme terhadap apa yang dikerjakan.

Berikut ini rangkuman tentang cara meningkatkan dopamin secara alami untuk memperkuat daya ingat, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (25/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Dopamin Secara Alami

  • Cukup Tidur

Jika kurang tidur, sensitivitas dopamin di otak berkurang. Akibatnya, akan timbul perasaan kantuk berlebihan. Tidur yang teratur dan berkualitas akan membantu otak mengatur pelepasan dopamin dalam tubuh.

Hal ini berarti, dengan kadar dopamin yang seimbang, Anda akan merasa lebih waspada dan berfungsi secara maksimal pada siang hari.

  • Mencukupi Kebutuhan Protein

Dopamin secara alami diproduksi oleh asam amino tirosin dan fenilalanin yang dapat diperoleh dari sumber makanan tinggi protein, seperti daging, telur, susu, kacang kedelai, dan lain-lain.

Beberapa studi menunjukkan bahwa bertambahnya kadar tirosin dan fenilalanin dalam pola makan dapat meningkatkan kadar dopamin di otak, yang dapat mendorong kemampuan berpikir secara mendalam dan perbaikan memori.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Dopamin Secara Alami

  • Olahraga Secara Teratur

Berbagai jenis olahraga, seperti aerobik dan yoga, dapat meningkatkan kadar dopamin yang dapat dirasakan 10 menit setelah berolahraga. Jika olahraga dilakukan secara rutin, minimal tiga bulan, dopamin akan meningkat secara signifikan.

  • Mengurangi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak, terutama lemak jenuh banyak ditemukan pada makanan, seperti mentega, produk susu, atau minyak kelapa dikatakan dapat menyebabkan kerusakan pada sinyal dopamin di otak.

  • Konsumsi Probiotik

Banyak ilmuwan yang telah menemukan kaitan antara usus dan otak. Bahkan, tidak sedikit yang melabeli usus sebagai 'otak kedua'. Hal itu karena, di dalamnya banyak terdapat sel saraf yang memproduksi banyak molekul persinyalan neurotransmiter, termasuk dopamin.

Beberapa spesies bakteri yang hidup di usus juga diketahui mampu memproduksi dopamin. Oleh karena itu, untuk meningkatkan bakteri yang baik di usus, perlu memperbanyak probiotik agar dapat meningkatkan kadar dopamin.

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Dopamin Secara Alami

  • Konsumsi Suplemen

Vitamin dan mineral diperlukan untuk membentuk dopamin. Vitamin dan mineral ini meliputi zat besi, niasin, folat, dan vitamin B6. Suplementasi akan membantu tubuh dalam memproduksi dopamin.

Sebelum membeli, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter.

  • Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa menjadi cara menyenangkan untuk menstimulasi pelepasan dopamin di otak. Beberapa studi pencitraan otak menemukan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan aktivitas dan kesenangan di otak.

Ada pula studi skala kecil yang mendalami efek musik pada dopamin. Hasilnya, terdapat sembilan persen peningkatan kadar dopamin ketika orang-orang mendengarkan musik instrumental yang membuat mereka merinding.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 18/1/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer