Sukses


Manfaat Mengucapkan Terima Kasih yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Memberikan ucapan terima kasih merupakan bentuk sikap sopan santun yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ucapan terima kasih tampaknya memang sederhana.

Namun, terkadang masih ada orang yang lupa atau mengabaikan ucapan terima kasih. Padahal, ucapan terima kasih termasuk satu di antara tanda yang menunjukkan rasa syukur atas apa yang terjadi.

Dengan berterima kasih, bisa membuat orang lain merasa bahagia. Itulah mengapa, penting memberikan ucapan terima kasih kepada orang lain, sekecil apa pun bantuan yang diberikan orang lain kepada kita.

Setiap kali berkomunikasi dan meminta tolong kepada orang lain, sudah semestinya mengucapkan terima kasih atas pertolongan tersebut. Jadi, ucapan terima kasih bisa kamu berikan kepada mereka yang sudah membantumu atau memberimu banyak hal dalam hidup.

Mungkin tidak banyak yang tahu, terbiasa mengungkapkan terima kasih ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat mengucapkan terima kasih?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat mengucapkan terima kasih, yang jarang diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (25/1/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengucapkan Terima Kasih

1. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Manfaat terima kasih yang pertama adalah dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Bahkan, The American Heart Association (AHA) berpendapat bahwa mengucapkan terima kasih dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit, termasuk stroke.

2. Membantu Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

The American Heart Association (AHA) memaparkan, mengucapkan terima kasih dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Namun, tentunya hal ini tidak dapat menjadi pengganti obat untuk Anda yang memiliki hipertensi dan harus mengonsumsi obat secara rutin.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengucapkan Terima Kasih

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat terima kasih lainnya berhubungan dengan kualitas tidur. Yap, rutin mengucapkan terima kasih dipercaya dapat meningkatkan energi positif di dalam tubuh dan membuat seseorang menjadi lebih tenang.

Hal ini juga dapat membantu seseorang menjadi lebih nyenyak saat tidur dan dapat membantu mengatasi kesulitan tidur.

4. Menurunkan Risiko Stres

Ketika seseorang mengucapkan terima kasih, hal ini dapat membantu memberikan emosi positif bagi tubuh.

Hal ini juga dapat membantu seseorang untuk mengatasi stres dan terhindar dari depresi. Tentunya, untuk mendapatkan manfaat terima kasih yang satu ini, perlu dibarengi dengan pola hidup sehat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengucapkan Terima Kasih

5. Menurunkan Risiko Demensia

Dengan mengucapkan terima kasih, dapat meningkatkan rasa bahagia dalam pikiran sehingga memengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh. Hal ini dianggap dapat membantu menjaga kesehatan tubuh hingga menurunkan risiko demensia.

Selain itu, memiliki rasa terima kasih yang tinggi mencerminkan bahwa orang tersebut bisa menghargai semua hal yang ada.

6. Hidup Terasa Lebih Ringan

Manfaat mengucapkan terima kasih yang satu ini sangat besar. Dengan rutin melakukan kebiasaan kecil tersebut, Anda akan merasa lebih percaya diri.

Orang yang rutin berterima kasih juga lebih sabar. Selain itu, kemampuan dalam membuat keputusan jangka panjangnya lebih baik dan tujuan hidupnya lebih berarti dibandingkan dengan yang jarang berterima kasih.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 8/9/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer