Sukses


Manfaat Gaya Hidup Minimalis, Bisa Redakan Stres dan Bikin Hidup Lebih Bahagia

Bola.com, Jakarta - Gaya hidup minimalis adalah praktik menjalani kehidupan hanya dengan hal-hal yang sangat dibutuhkan saja. Untuk menerapkan gaya hidup minimalis, harus menyingkirkan segala sesuatu yang tidak penting dan menggantinya dengan yang lebih berguna.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian minimalis berkenaan dengan penggunaan unsur-unsur yang sederhana dan terbatas untuk mendapatkan efek atau kesan yang terbaik.

Di zaman yang serba mudah, tentu banyak godaan untuk selalu hidup konsumtif. Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, Anda dapat membuang apa yang tidak diinginkan dan fokus pada apa yang dibutuhkan.

Memulai hidup minimalis memang tidak bisa langsung begitu saja, jadi perlu memulai dengan perlahan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkan gaya hidup minimalis, khususnya dari segi keuangan.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat gaya hidup minimalis, yang perlu diketahui, seperti disadur dari Liputan6, Rabu (26/1/2022). 

2 dari 8 halaman

1. Menghemat Uang

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis manfaat pertama yang didapatkan ialah menjadi tidak boros dan akan terselamatkan dari sifat konsumtif. Jadi, manfaatkan uang untuk sesuatu yang benar-benar dibutuhkan saja.

Kemudian coba sesekali untuk melacak pengeluaran selama satu-dua bulan untuk belanja Anda. Mungkin Anda akan terkejut karena bisa menghemat banyak pemasukan dengan mengubah kebiasaan belanja Anda menjadi minimalis.

3 dari 8 halaman

2. Lebih Bahagia

Mungkin belum banyak yang paham, dengan gaya hidup minimalis Anda akan merasa lebih bahagi. Hal ini karena dengan menyingkirkan segala beban dan rintangan yang ada dalam hidup, maka hal-hal positif akan datang menghampiri, sehingga akan lebih mendatangkan kebahagiaan.

Dengan tidak terlalu memikirkan gaya hidup konsumtif yang sangat cepat perkembangannya, Anda tentu tidak merasa terbebani. Jika Anda menerapkan gaya hidup minimalis, tentunya Anda tidak tergiur dengan adanya gadget baru tersebut.

4 dari 8 halaman

3. Lebih Produktif

Dengan mempunyai banyak barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan pastinya akan sangat menyita waktu. Bayangkan, jika Anda harus menghabiskan waktu untuk membeli, membersihkan, mengatur, dan sebagainya.

Padahal, waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk mengerjakan sesuatu yang lebih produktif. Sayang kan kalau cuma dihabiskan untuk mengurusi barang-barang.

5 dari 8 halaman

4. Lebih Sehat dan Terbebas dari Stres

Gaya hidup minimalis baik untuk menjaga kesehatan fisik dan psikologis Anda. Dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan, sebenarnya Anda menciptakan ruangan kosong yang baru.

Ruang tersebut akan membuat Anda terbebas dari perasaan klaustrofobia dan memungkinkan untuk bernapas lebih lepas. Selain itu, obsesi untuk terus mengonsumsi dan memiliki benda-benda bernilai material, tidak jarang ini akan memberikan tekanan pada diri sendiri.

Gaya hidup minimalis secara tidak langsung menghindarkan Anda dari perilaku konsumtif yang sering merugikan. Anda hanya akan membeli kebutuhan yang menjadi prioritas saja.

Penerapan gaya hidup minimalis ini bisa membuka pikiran sehingga terbebas dari tekanan dan tuntutan sosial yang bersifat konsumtif.

6 dari 8 halaman

5. Fokus Mencapai Tujuan Hidup

Gaya hidup minimalis membuat seseorang bisa merasa lebih memegang kendali terhadap diri sendiri. Banyak keuntungan dengan adanya gaya hidup minimalis yang diterapkan, mulai karier, produktivitas, hingga finansial.

Dengan mengurangi apa yang tidak perlu, secara tidak langsung bisa meringankan beban hidup. Oleh sebab itu, Anda yang menerapkan gaya hidup minimalis bisa lebih fokus menata hidup.

Dalam mencapai tujuan, Anda akan merasa lebih berani dan tidak takut kehilangan apa pun. Kepercayaan diri yang diperoleh dengan menerapkan gaya hidup minimalis ini akan menjadi modal untuk Anda meraih kebahagiaan dan pencapaian selanjutnya.

7 dari 8 halaman

6. Menciptakan Ruang Bebas pada Rumah

Dengan menerapkan gaya hidup yang konsumtif, ada begitu banyak benda atau perabot yang dimiliki di rumah sehingga bingung bagaimana cara menanganinya. Hal ini tentu akan menjadi beban untuk Anda.

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, mengurangi sifat konsumtif dengan mengurangi membeli barang yang tidak Anda butuhkan dan membuang barang yang tidak penting, Anda dapat terhindar dari rasa gerah dan ruangan di rumah akan terasa luas dan nyaman.

Rumah akan terbebas dari tumpukan barang dan akan terlihat bersih dan rapi. Makin sedikit barang yang ada di rumah, makin ringan pula tugas kita untuk bersih-bersih.

Dengan barang yang minimalis, Anda juga bisa menghemat banyak waktu dan tenaga untuk menyapu dan mengepel. Tidak perlu sewa tenaga orang lain untuk melakukan itu.

8 dari 8 halaman

7. Hubungan Jadi Lebih Erat dengan Orang Terdekat

Menerapkan gaya hidup minimalis dalam hal pekerjaan bisa meningkatkan efektivitas sehingga Anda memiliki banyak waktu luang bersama orang-orang terdekat.

Waktu luang tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengeratkan hubungan dengan orang-orang terdekat, seperti teman, keluarga, dan masyarakat sekitar.

Selain itu, bisa juga memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mendalami hobi, minat, dan kesukaan yang kerap ditinggalkan karena disibukkan dengan rutinitas pekerjaan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Fitriana Monica Sari.Published: 5/1/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer