Sukses


    Tak Pasang Target, Indonesia Hanya Kirim 250 Atlet ke SEA Games

    Bola.com, Jakarta - Indonesia hanya berencana mengirim maksimal 250 atlet ke ajang SEA Games 2017 di Malaysia. Kebijakan mengirim sedikit atlet dilakukan karena SEA Games tak jadi prioritas dan hanya jadi batu loncatan untuk Asian Games dan Olimpiade.

    Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengatakan event multicabang yang jadi priorotas hanya Asian Games dan Olimpiade. Adapun untuk single event, yang diprioritaskan juga yang minimal berlevel Asia. 

    "Tapi untuk SEA Games tetap dianggarkan bersamaan dengan event olahraga prioritas (Asian Games dan Olimpiade). SEA Games hanya kami anggap sebagai batu loncatan," kata Menpora, pada acara "Refleksi Akhir Tahun 2016 dan Semangat Menyongsong Tahun 2017 yang Lebih Baik" di Lapangan Bulutangkis Indoor, Kompleks Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (30/12/2016). 

    Menpora mengatakan pada SEA Games Singapura 2015, Indonesia mengirim sekitar 560 atlet. Hasilnya, Tim Merah Putih menempati peringkat kelima dengan raihan 47 emas, 61 perak, dan 74 perunggu. Indonesia kalah dari Thailand, Singapura, Vietnam, dan Malaysia, yang berurutan bercokol di posisi pertama hingga keempat.

    Untuk tahun depan, Menpora menegaskan para atlet tak dibebani target khusus terkait peringkat di SEA Games. Apalagi, Indonesia hanya mengirim sedikit atlet, tak sampai separuh dibandingkan dua tahun lalu.

    "Kami hanya mengirim atlet-atlet yang benar-benar berpotensi meraih medali. Kalau yang tak berpeluang tak akan dikirim. Makanya juga tak ada target peringkat. Target hanya akan diberikan saat Asian Games dan Olimpiade," kata Imam Nahrawi.

    SEA Games 2017 bakal dibuka digelar di Malaysia, dengan upacara pembukaan berlangsung di Kuala Lumpur. Event multicabanh antarnegara Asia Tenggara ini berlangsung pada 19-31 Agustus 2017. 

     

    Video Populer

    Foto Populer