4 Pemain Kunci Timnas Indonesia U-22 Saat Gulung Filipina

Oleh Juprianto Alexander Sianipar pada 18 Agu 2017, 06:40 WIB
Diperbarui 18 Agu 2017, 06:40 WIB
Timnas Indonesia U-22
Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Filipina 3-0 pada laga kedua Grup B SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 meraih kemenangan pertama di SEA Games 2017. Tim Garuda Muda mengukir catatan tersebut setelah mengalahkan Filipina 3-0 pada laga kedua Grup B di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017).

Tim asuhan Luis Milla yang bermain dominan sepanjang 90 menit mencetak tiga gol melalui kaki Septian David Maulana pada menit ketujuh, Muhammad Hargianto (45+1'), dan gol indah Saddil Ramdani (58').

Kemenangan yang diraih Septian David dan kawan-kawan juga terasa bermakna karena diraih pada hari yang bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun ke-72 Republik Indonesia. Selain itu, kemenangan ini juga membuka asa Timnas Indonesia U-22 untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Dalam laga ini, beberapa pemain Timnas Indonesia U-22 memperlihatkan performa yang mengesankan, khususnya di babak kedua. Rotasi pemain yang dilakukan Luis Milla juga terbukti tidak mengurangi daya gedor tim menghadapi Filipina yang pada laga pertama mengalahkan Kamboja 2-0.

Siapa saja para pemain Timnas Indonesia U-22 yang tampil apik melawan Filipina? Berikut empat pemain yang menonjol penampilannya versi Bola.com:

 

2 dari 5 halaman

Saddil Ramdani

Timnas Indonesia U-22
Saddil Ramdani menyumbang satu gol buat Timnas Indonesia U-22 saat mengalahkan Filipina. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Winger berusia 18 tahun ini bermain tidak terlalu baik di babak pertama saat Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Filipina. Saddil tampak kesulitan untuk menembus pertahanan Filipina yang bermain disiplin. Alhasil, ia tidak banyak memberikan kontribusi walau sempat bertukar posisi dengan Yabes Roni Malaifani di sisi kanan penyerangan.

Performa pemain Persela Lamongan ini baru membaik di babak kedua. Saddil membuat lini belakang Filipina kerepotan dengan kecepatan dan pergerakannya yang kerap menusuk ke kotak penalti.

Hasilnya, Saddil turut menempatkan namanya di papan skor bagi Tim Garuda Muda. Ia mencetak gol ketiga atau gol terakhir Timnas Indonesia U-22 ke gawang Filipina.

Gol yang dicetak Saddil juga terbilang indah. Pemain jebolan akademi ASIFA itu mencetak gol dari luar kotak penalti ke pojok kiri gawang Filipina yang dikawal Joseph Joyel.

Bagi Saddil gol tersebut juga dicetak dengan cara yang tidak biasa. Pemain berkaki kidal ini tetap mampu melepaskan tembakan keras meski tidak menggunakan kaki terkuatnya.

 

3 dari 5 halaman

Evan Dimas

Timnas Indonesia U-22
Evan Dimas Darmono menjadi pemain yang mengendalikan lini tengah Timnas Indonesia U-22. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Mantan kapten Timnas Indonesia U-19 ini kembali menunjukkan peran penting di lini tengah Timnas Indonesia U-22. Evan mampu memerankan tugas sebagai jenderal permainan dengan sangat baik.

Gelandang berusia 22 tahun ini tahu kapan harus menahan bola, melakukan dribble untuk melewati lawan, dan melepaskan umpan terukur bagi rekan-rekan di lini depan.

Kehadiran Evan juga membuat Tim Garuda Muda mampu memegang kendali di lini tengah. Timnas Indonesia U-22 yang mengandalkan tiga gelandang mampu tetap unggul melawan lima gelandang The Pinoys.

Pemain Bhayangkara FC ini juga punya akurasi umpan yang cukup baik dengan mencapai persentase 82 persen menurut data dari Labbola.

Hanya saja, Evan tidak mampu mencetak gol di laga ini. Ia terlihat lebih sibuk menjadi pembeda bagi lini tengah Timnas Indonesia U-22.

4 dari 5 halaman

Muhammad Hargianto

Timnas Indonesia U-22
Muhammad Hargianto tampil apik sebagai gelandang bertahan saat Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Filipina 3-0. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Hargianto tampil cukup solid di pertandingan ini. Pemain Persija Jakarta ini tampak tenang menjalankan tugasnya sebagai pemain yang menjaga kedalaman di lini tengah Timnas Indonesia U-22.

Pemain yang menempati posisi sebagai gelandang bertahan ini juga tidak kenal kompromi saat memutus serangan lawan. Hargianto tercatat melakukan empat tekel dalam laga melawan Filipina.

Pemain berusia 21 tahun ini juga sesekali kerap naik membantu serangan Timnas Indonesia. Keputusannya untuk membantu serangan berjalan baik karena ia merupakan pencetak gol kedua Tim Garuda Muda di laga ini.

Hargianto juga sangat dingin dalam melakukan tembakan ke gawang Filipina. Ia menggunakan kaki luar untuk menceploskan bola ke gawang lawan setelah menerima umpan Septian David.

 

5 dari 5 halaman

Septian David

Timnas Indonesia U-22
Septian David Maulana kembali mencetak gol saat Timnas Indonesia mengalahkan Filipina. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pemain serbabisa ini kembali tampil impresif bersama Timnas Indonesia U-22. Setelah mencetak satu-satunya gol ke gawang Thailand, Septian David kembali mencetak gol ke gawang Filipina.

Septian David merupakan pemain yang membuka keunggulan Timnas Indonesia U-22 saat bersua Filipina. Ia mampu melepaskan tembakan terarah ke pojok kanan gawang lawan walau dijaga ketat pemain belakang Filipina.

Selain mencetak gol, Septian David juga merupakan aktor utama terciptanya gol Muhammad Hargianto. Septian David dengan cepat memberikan umpan terobosan saat melihat Hargianto bergerak ke dalam kotak penalti Filipina.

Pergerakan Septian David memang membuat pemain belakang Filipina kerepotan. Dengan dua satu gol dan satu assistnya, pemain jebolan Timnas Indonesia U-19 ini pantas dinobatkan sebagai pemain terbaik Tim Garuda Muda.

Lanjutkan Membaca ↓