Pembukaan SEA Games: Indonesia Tampil Formal, Malaysia Berbeda

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 19 Agu 2017, 20:16 WIB
Diperbarui 19 Agu 2017, 20:16 WIB
Opening Ceremony SEA Games 2017, Kontingen Indonesia, SEA Games 2017

Bola.com, Kuala Lumpur - Kontingen Indonesia tampil dengan busana formal pada acara parade atlet di pembukaan SEA Games 2017 yang berlangsung di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (19/8/2017) malam WIB. Penampilan berbeda justru disuguhkan tuan rumah Malaysia yang tampil anggun menggunakan busana adat.

Kontingen Indonesia dipimpin perenang, I Gede Siman Sudartawa sebagai pembawa bendera. Para atlet Indonesia berada di urutan ketiga dalam parade atlet setelah Brunei Darussalam dan Kamboja. Rombongan Indonesia mengenakan jas berwarna biru tua dipadukan dengan celana dengan warna krem.

Adapun Malaysia menjadi satu-satunya negara yang menggunakan baju adat tradisional. Anggota kontingen Malaysia memakai peci hitam dengan baju merah menyala dilengkapi celana dan sarung biru.

Adapun untuk perempuan, kontingen tuan rumah memakai baju terusan panjang berwarna merah yang dilengkapi selendang biru. Untuk pakaian bawahnya mengenakan rok panjang berwarna merah.

Indonesia sama dengan negara peserta SEA Games lainnya menggunakan busana formal. Namun, rombongan ofisial wanita dari Myanmar dan Laos sempat mencuri perhatian dengan menggunakan busana terusan berwarna ungu.

Indonesia menjadi negara ketiga dengan jumlah kontingen terbanyak di SEA Games 2017 yakni 948 atlet dan ofisial. Thailand menjadi negara dengan jumlah kontingen terbanyak yakni 1.264 atlet dan ofisial, sedangkan jumlah kontingen paling sedikit adalah Timor Leste dengan jumlah 69 atlet dan ofisial.