Bayu Gatra Beri Dukungan dan Doakan Tim Garuda Muda di SEA Games

Oleh Zaidan Nazarul pada pada 23 Agu 2017, 09:45 WIB
Timnas Indonesia U-22

Bola.com, Bangkalan - Timnas Indonesia U-22 mampu menahan Vietnam 0-0 dalam laga lanjutan penyisihan Grup B SEA Games 2017 di Stadion Selayang, Selangor, Selasa (22/8/2017) malam.

Keberhasilan tersebut membuat kans Indonesia untuk lolos ke semifinal tetap terjaga. Kendati begitu, Timnas Indonesia U-22 masih harus berjuang keras hingga laga terakhir kontra Kamboja, Kamis (24/8/2017), untuk memastikan satu tiket ke semifinal dalam genggaman.

Hansamu Yama Pranata dkk. memang bisa menentukan nasib sendiri tanpa harus bergantung pada duel antara Thailand kontra Vietnam yang digelar pada waktu bersamaan. Dengan catatan, di waktu yang sama Timnas Indonesia U-22 menang atas Kamboja dengan margin minimal tiga gol tanpa kebobolan.

Itulah mengapa, veteran Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2013, Bayu Gatra, merasa perlu memberikan dukungan moral kepada adik-adiknya yang kini berjuang di SEA Games 2017 di Malaysia.

Melalui Bola.com, Bayu menyampaikan pesan agar Evan Dimas cs. terus menjaga semangat dan keyakinan bisa terus melaju ke final dan merengkuh gelar juara.

"Apapun yang terjadi di sana, saya harap selalu memacu diri agar motivasi tidak kendur karena lawan terbesar adalah melawan kecemasan dan menjaga api semangat untuk terus membesar dan semakin membesar," ujar Bayu.

Bayu mengaku terus mendukung dan mendoakan Timnas Indonesia U-22 di setiap waktu agar bisa mengakhiri paceklik gelar. Maklum, sejak SEA Games 1991, Timnas Indonesia belum pernah lagi meraih medali emas SEA Games.

Bayu percaya saat ini seluruh masyarakat Indonesia juga melakukan hal yang sama. Kini tinggal usaha keras untuk memberikan yang terbaik dari para pemain Tim Garuda Muda yang bisa menjadi penentu Indonesia juara.

Pemain Timnas Indonesia U-22 yang tampil di SEA Games kali ini, lanjut Bayu, adalah generasi emas Timnas Indonesia. Bayu percaya, Tim Garuda Muda besutan Luis Milla bisa merebut medali emas yang sudah 26 tahun tidak pernah singgah.

"Pemain pilihan coach Luis Milla ini yang terbaik dari beberapa timnas yang dikirim ke SEA Games selama ini. Semoga mereka mampu mewujudkan harapan seluruh masyarakat Indonesia," tutur pemain sayap Madura United itu.

Tim Garuda Muda diyakini Bayu bisa tampil lebih optimal bila bisa bermain lebih tenang dan sabar. Ia juga meminta juniornya di Timnas Garuda Muda bisa menahan emosi ketika bermain dalam tekanan kuat seperti ketika menghadapi Thailand.

Sebab, jika tidak mampu mengontrol amarah, [Timnas Indonesia U-22](3067513 "") akan mengalami kerugian besar dan ambisi untuk meraih medali emas bisa pupus.

"Mereka harus lebih tenang, tidak mudah emosional karena sebaik apapun kemampuan seorang pemain, bila emosional, kemampuan itu tidak akan keluar," ujarnya.