Sukses


    Menit-Menit Malaysia Lengah dan Kebobolan di SEA Games

    Bola.com, Jakarta - Pernyataan menarik dilontarkan striker Timnas Thailand U-22, Sittichok Kannoo, dalam sesi konferensi pers sehari sebelum partai semifinal SEA Games 2017 dipertandingkan. Tim Sittichok Kannoo akan berhadapan dengan Myanmar pada Sabtu (26/8/2017) di Stadion Selayang, Selangor, sementara pada malam harinya, di Stadion Shah Alam digelar duel Timnas Malaysia U-22 versus Indonesia.

    Yang menarik, dalam kesempatan itu Sittichok Kannoo bicara panjang lebar soal Timnas Indonesia U-22. Penyerang 22 tahun itu mendukung Indonesia mengalahkan Malaysia di semifinal dan tampil di final, untuk berhadapan lagi dengan Thailand.

    Beberapa alasan yang disampaikan Sittichok Kannoo lebih mendukung Indonesia antara lain, Tim Garuda Muda dianggap tim terkuat di Asia Tenggara saat ini serta memiliki lini depan yang cukup efektif. Sementara Malaysia dianggap cukup beruntung bisa sampai ke semifinal hanya karena mereka bermain di depan publik sendiri.

    Sittichok Kannoo juga berujar bila pertahanan Timnas Malaysia U-22 cukup rapuh. Ia mengacu pada catatan kebobolan The Young Tigers. "Mereka selalui kebobolan dalam setiap pertandingan di penyisihan Grup A," kata Sittichok Kannoo.

    Dari statistik, hal itu memang benar. Dari empat pertandingan yang dijalani Timnas Malaysia U-22 di penyisihan Grup A, gawang skuat asuhan pelatih Ong Kim Swee itu memang bisa ditembus setiap lawan yang dihadapi, meski hanya satu gol di tiap pertandingan.

    Bahkan tim yang dianggap "lemah" sekalipun di Grup A semisal Laos dan Brunei, mampu menjebol gawang Malaysia. Perlu diketahui, bila seluruh gol kemasukkan Malaysia tercipta lewat open play, bukan dari titik putih.

     

    Catatan Kebobolan Malaysia

    Catatan itu tentu bisa jadi celah buat Indonesia kala menantang Malaysia, hari ini. Tim pelatih Garuda Muda dipastikan sudah mempelajari kelemahan Malaysia yang satu itu.

    Berkebalikan dengan Malaysia, Timnas Indonesia U-22 cukup tangguh di lini belakang karena dari lima pertandingan ketat yang dijalani melawan tim-tim kuat, Hansamu Yama Pranata dkk. hanya kebobolan satu gol saja.

    Sementara di lini depan, Timnas Malaysia U-22 terlihat garang karena mampu melesakkan 10 gol dari empat pertandingan berbanding tujuh gol yang dikoleksi Indonesia dari lima partai. Namun, jika dikurangi jumlah gol kemasukkan, Malaysia dan Indonesia cukup berimbang, yakni sama-sama punya selisih enam gol.

    Lantas apa yang bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia U-22 dari lini belakang Malaysia yang selalu kebobolan?

    Dari data statistik, tiga dari empat gol kebobolan Tim Harimau Malaya tercipta di babak pertama dan hanya satu gol di babak kedua. Hal itu bisa diartikan bila sama seperti lawan-lawan Malaysia di penyisihan Grup A, Indonesia bisa langsung menggeber permainan di babak pertama untuk mencuri gol terlebih dulu.

    Untuk kiper, dari empat pertandingan, Ong Kim Swee menurunkan dua kiper, yakni Mohd Ifwat Chek Kassim dan Haziq Nadzli. Keduanya bergantian menjaga gawang Timnas Malaysia U-22, masing-masing turun dalam dua pertandingan dan kebobolan dua gol.

    Simak catatan gol kebobolan Timnas Malaysia U-22 selengkapnya

    14 Agustus 2017
    Malaysia vs Brunei 2-1
    Gol Brunei tercipta pada menit ke-12
    Kiper: Mohd Ifwat Chek Kassim

    16 Agustus 2017
    Singapura vs Malaysia 1-2
    Gol Singapura tercipta pada menit ke-38
    Kiper: Haziq Nadzli

    21 Agustus 2017
    Malaysia vs Myanmar 3-1
    Gol Myanmar tercipta pada menit ke-85
    Kiper: Haziq Nadzli

    23 Agustus 2017
    Laos vs Malaysia 1-3
    Gol Laos tercipta pada menit ke-32
    Kiper: Mohd Ifwat Chek Kassim

     

    Video Populer

    Foto Populer