Sukses


    Pelatih Malaysia Puji Permainan Timnas Indonesia U-22

    Bola.com, Selangor - Timnas Malaysia U-22 berhasil mengalahkan Timnas Indonesia U-22 dengan skor 1-0 pada semifinal SEA Games 2017. Gol tunggal N. Thanabalan pada menit ke-85 jadi jalan Tim Harimau Malaysia tampil di partai final melawan Thailand, Selasa (29/8/2017).

    Seusai pertandingan, pelatih Timnas Malaysia U-22, Ong Kim Swee, mengungkapkan kegembiraannya mampu membawa pasukannya ke laga puncak. Ia mempersilakan pemainnya untuk menikmati momen itu, namun ia meminta agar Safawi Rasid dkk. tidak larut dan segera fokus untuk mempersiapkan diri bermain di laga puncak.

    "Para pemain memperlihatkan karakter mereka. Mereka bermain sesuai motivasi untuk memenangi pertandingan," kata Kim Swee dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan.

    Pelatih 46 tahun itu memuji permainan Timnas Indonesia U-22, terutama di babak pertama, yang dinilainya sangat baik. Namun, ketika itu, Kim Swee menekankan pemainnya untuk tampil berhati-hati. "Di babak kedua kami berusaha menguasai lini tengah untuk mengurung pasukan Indonesia," tuturnya.

    Strategi itu terbukti efektif. Ditambah lagi, para pemain Tim Garuda Muda kesulitan menuntaskan peluang yang mereka peroleh menjadi gol.

    "Anda bisa melihat, permainan kami berkembang. Jika Anda melihat permainan anak-anak sejak partai pertama melawan Brunei, mereka terus berkembang. Mereka sangat fokus pada SEA Games ini," lanjut Kim Swee.

    Pelatih yang berhasil mempersembahkan medali emas SEA Games 2011 itu membantah bila keberhasilan tim asuhannya mengalahkan Indonesia bukan karena faktor stamina yang lebih bugar.

    Seperti diketahui, Timnas Malaysia U-22 punya waktu recovery lebih panjang ketimbang Indonesia. Sepanjang penyisihan grup, Malaysia juga hanya memainkan empat pertandingan sementara Indonesia tampil dalam lima laga.

    "Tidak, hal itu bukan jadi salah faktor (kemenangan). Sebelum tiba di Kuala Lumpur (dari kualifikasi di Piala AFC U-23 2018 di Bangkok, bulan lalu), kami sudah memiliki jadwal di SEA Games 2017. Kami melakukan antisipasi. Jadi, bukan karena kami istirahat satu hari lebih banyak yang jadi alasan kami menang," tegas Ong Kim Swee.

    Ong Kim Swee menambahkan bila ia percaya para Timnas Malaysia U-22 bisa mengalahkan Thailand di laga final mendatang. "Saya percaya mereka mampu melakukannya," kata mantan pelatih Timnas Malaysia senior itu.

    *Laporan langsung Benediktus Gerendo Pradigdo dan Vitalis Yogi Trisna dari Selangor, Malaysia

    Video Populer

    Foto Populer