PBSI Siapkan Program Khusus untuk SEA Games 2019

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 27 Nov 2018, 15:40 WIB
Diperbarui 21 Nov 2019, 09:35 WIB
PBSI

Bola.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto, mengatakan bakal menyiapkan program khusus untuk SEA Games 2019, yakni menggabungkan para pemain senior dan junior.

SEA Games 2018 akan berlangsung di Filipina, Desember 2019. PBSI mulai menyusun rencana agar bisa meraih hasil maksimal dalam pesta olahraga level Asia Tenggara tersebut.

“Kami berencana membuat sebuah program untuk SEA Games, yaitu menggabungkan pemain-pemain senior dan junior. Kami akan mensinergikan para pemain senior yang tidak diikutkan kualifikasi untuk Olimpiade 2020," kata Budiharto.

"Saya pikir kami harus melihat perkembangan para atlet junior ini. Sejauh mana mereka memiliki kematangan untuk ajang tersebut. Namun, pastinya yang menentukan adalah para pelatih karena mereka yang tahu kondisi anak didiknya," ujar Budiharto

Budiharto menjelaskan alasannya menyiapkan program itu agar para atlet siap bersaing di Olimpiade Tokyo 2020. Dia mengklaim pemerintah menargetkan banyak medali dari cabang olahraga bulutangkis.

"Kami harus berkonsentrasi antara mana yang diprioritaskan ke Olimpiade, mengingat tahun depan adalah periode krusial. Kami harus menyiapkan mereka untuk berlari ke Olimpiade Tokyo," imbuh Budiharto.

"Apalagi kami juga masih ingin juara. Pemerintah juga berharap kami tetap meraih medali sebanyak mungkin dari cabang-cabang yang diunggulkan. Bulutangkis menjadi salah satu cabang yang diunggulkan untuk dapat medali di SEA Games maupun Olimpiade nanti," tutur Budi.