Sukses


    Pelatih Timnas Vietnam Ungkap Strategi Gapai Prestasi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan SEA Games 2019

    Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam melejit jadi kekuatan baru setidaknya dalam satu tahun terakhir ini. Beberapa prestasi yang diukir di level Asia Tenggara dan bahkan menembus Asia, jadi bukti sahih.

    Kedatangan pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, pada Oktober 2017, diyakini jadi satu di antara faktor pengerek kesuksesan Timnas Vietnam.

    Sang pelatih dalam wawancara yang diunggah AFC dalam situs resmi mereka, Jumat (12/4/2019), mengomentari pernyataan yang menyebut Timnas Vietnam kini dianggap jadi kekuatan besar di ASEAN.

    "Apakah yang lain setuju atau tidak , kami ini juara di ASEAN untuk dua tahun ke depan. Kami membuktikan (jadi kekuatan besar di ASEAN) di Piala AFF, dan kami sangat bangga dengan itu. Tentu, kami akan bekerja lebih keras untuk mempertahankan status itu," kata Park.

    Pelatih 60 tahun itu menyebut Timnas Vietnam masih memiliki banyak tantangan di depan mereka. Prestasi yang sudah diraih, harus jadi cambuk mengingat tahun ini the Golden Stars harus menjalani agenda penting, seperti kualifikasi Piala Dunia 2022 serta SEA Games 2019.

    Park Hang-seo memberi perhatian penuh pada dua agenda yang diikuti dua level timnas berbeda itu. Ia menuturkan ingin mencatatkan hasil sebaiknya mungkin dalam dua agenda itu.

    Namun, harus ada persiapan khusus untuk itu mengingat kualifikasi Piala Dunia 2022 (sekaligus kualifikasi Piala Asia 2023) dan SEA Games 2019 digelar hampir berbarengan. Seperti diketahui, Park Hang-seo menjabat sebagai pelatih kepala di Timnas Vietnam senior dan U-22/U-23.

    "Saya akan membesut kedua tim sebagai pelatih kepala, namun staf pelatihnya akan berbeda," kata Park.

    "Untuk kualifikasi Piala Dunia 2022, kami akan mainkan pemain-pemain kunci jebolan Piala AFF 2018 dan Piala Asia 2019. Kami sudah mengenal satu sama lain sehingga persiapan akan lebih efektif," imbuhnya.

    "Untuk SEA Games, kami tak memenangi event ini sejak 60 tahun terakhir. Ini bukan tugas mudah buat kami karena kami harus bermain dua hari sekali. Jadi, sangat penting setiap pemain memiliki kualitas sama," jelas mantan asisten Guus Hiddink di Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2002 ini.

    Sejak dtangani Park Hang-seo, Timnas Vietnam sudah mencatatkan beberapa prestasi sensasional, seperti melaju hingga semifinal Asian Games 2018, jadi juara Piala AFF 2018, melaju hingga perempat final Piala Asia 2019, serta jadi finalis Piala AFC U-23 2018. Medali emas SEA Games 2019 jelas jadi target Park selanjutnya, selain membawa the Golden Stars melaju sejauh mungkin dalam kualifikasi Piala Dunia 2022.

    Sumber: AFC

    Video Populer

    Foto Populer