Sukses


    Vietnam Minta Kuota Pemain untuk Sepak Bola SEA Games 2019 Ditambah

    Bola.com, Jakarta - Beberapa bulan jelang penyelenggaraan SEA Games 2019 yang diselenggarakan di Filipina, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) menyampaikan permintaan sekaligus usulan. VFF ingin kuota pemain yang dalam satu tim peserta, mengalami penambahan.

    Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden VFF, Tran Quoc Tuan, dalam pertemuan Dewan AFF di Laos belum lama ini.

    Selama ini sesuai regulasi AFF serta Panpel SEA Games, setiap peserta hanya diizinkan membawa 20 pemain yang masuk daftar pemain final untuk cabang olahraga sepak bola SEA Games, serta 30 pemain untuk daftar pemain sementara (sebelum diciutkan menjadi daftar pemain final).

    VFF lantas mengusulkan agar setiap kontestan diperkuat 23 pemain untuk daftar pemain inti serta 40 orang dalam daftar pemain sementara dalam SEA Games ke-30 tahun ini.

    Seperti dilansir dari Vietnam News, Selasa (25/6/2019), pada akhir pertemuan Dewan AFF itu, VFF meminta AFF memfasilitasi dengan menyampaikan ide tersebut secara resmi kepada Panpel SEA Games ke-30, melalui Komite Olimpiade masing-masing negara.

    VFF tak menyampaikan secara spesifik alasan munculnya gagasan itu. Namun, bisa jadi hal itu mengacu pada situasi selama ini. Dalam cabor sepak bola SEA Games, pertandingan dimainkan dalam durasi hari sekali. Total, jika melaju hingga partai final, satu tim bisa bertanding hingga tujuh kali hanya dalam durasi setengah bulan saja.

    Kondisi itu tentu tak ideal. Hal lain, pelatih wajib memiliki kedalaman skuat dengan komposisi pemain seimbang untuk mengantisipasi kelelahan serta menerapkan rotasi. Dengan kuota pemain lebih banyak, pelatih juga memiliki opsi pemain lebih.

    Selain itu, dalam turnamen-turnamen lain mulai Piala Asia, Piala Afrika, Copa America, hingga Piala Dunia, setiap tim memang dihuni rosters (daftar pemain final) yang berjumlah 23 pemain, tidak 20 orang layaknya di SEA Games

    Sumber: Vietnam News

    Video Populer

    Foto Populer