Sukses


    Cerita dari Philippine Arena: Menikmati GOR Terbesar di Dunia pada Opening Ceremony SEA Games 2019

    Bola.com, Bulacan - SEA Games 2019 tinggal menunggu menit untuk diresmikan. Acara pembukaan digelar di Philippine Arena, Bulacan, Sabtu (30/11/2019) malam.

    Menariknya, upacara pembukaan digelar di GOR terbesar di dunia yang berkapasitas 55.000 tempat duduk. Ini merupakan pertama kali upacara pembukaan SEA Games digelar di arena tertutup (indoor).

    Philippine Arena yang dibangun mulai 17 Agustus 2011 diklaim sebagai GOR multifungsi terbesar di dunia. Pada 25 Desember 2013, Discovery Channel menayangkan sebuah film dokumenter tentang Philippine Arena berjudul Man Made Marvels: Quake Proof.

    Dalam film dokumenter itu, Andrew James, arsitek dari Populous, perusahaan arsitektur khusus untuk arena indoor mengatakan Philippine Arena tidak hanya didesain tahan gempa dan angin topan, tetapi juga ramah lingkungan.

    Dibangun di komplek lahan seluas 140 hektare, arsitek membangun banyak serapan air. Selain itu, pohon-pohon yang besar juga ditanam di sekitar gedung. 

    Suasana menjelang pembukaan sudah ramai. Warga Filipina berbondong-bondong menuju arena. Selain itu, ada juga suporter dari negara lain, seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

    Para penonton masuk arena pembukaan dengan tertib dan harus melewati sejumlah pemeriksaan. Panitia penyelenggara memberlakukan pemeriksaan berlapis karena acara pembukaan akan melibatkan pejabat negara, termasuk Presiden Rodrigo Duterte.

    Selain pemeriksaan berlapis, penonton juga dengan tertib masuk Philippine Arena. Alur masuknya penonton juga tertib, tiket pertandingan disertai dengan barcode.

    Setelah masuk Philippine Arena, mata akan dimanjakan dengan megahnya GOR tersebut. Dua jam sebelum acara dimulai, kursi masih banyak yang kosong. Panggung utama terlihat simpel dengan dekorasi dan pencahayaan yang bagus.

    Panitia SEA Games 2019 (PHISGOC), menyiapkan berbagai pertunjukan, termasuk melibatkan 11 ratu kecantikan, penyanyi internasional, dan petinju legendaris, Manny Pacquiao.

    2 dari 2 halaman

    Parade Suporter Kostum Tradisional

    Opening ceremony SEA Games 2019 juga menjadi ajang bagi suporter untuk tampil. Seperti dari Thailand, mereka menggunakan busana tradisional dan membawa bendera untuk menyemarakan ajang tersebut.

    SEA Games 2019 akan digelar mulai 30-11 Desember. Indonesia sudah meraih satu medali emas dari cabang polo air putra. 

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina di dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer