SEA Games 2019: Tampil Lebih Oke, Pesilat Indonesia Dianggap Layak Raih Medali Emas

Oleh Rizki Hidayat pada 03 Des 2019, 08:45 WIB
Diperbarui 03 Des 2019, 09:17 WIB
Logo SEA Games 2019

Bola.com, Subic - Tim pencak silat Indonesia gagal meraih medali emas dari nomor seni pada hari pertama cabang olahraga pencak silat SEA Games 2019. Pesilat Indonesia kalah dari atlet Filipina yang berhasil merengkuh medali emas.

Bertanding di Subic Bay Exibition Centre, Subic, Senin (2/12/2019), pesilat andalan Indonesia, Dino Bima Sulistianto, yang turun pada nomor seni tunggal putra hanya mampu meraih medali perunggu.

Dino mengumpulkan 460 poin. Sementara itu, medali emas direbut pesilat tuan rumah, Eemar Taucel, dengan nilai 470, sedangkan medali perak direngkuh pesilat Singapura, Muhammad Iqbal Abdul Rahman, dengan poin 461.

Jika dilihat dari penampilan, gerakan Dino Bima Sulistianto terbilang sempurna. Namun, wasit dianggap terlalu berpihak kepada pesilat Filipina yang penampilannya jauh di bawah pesilat dari negara peserta.

"Tuan rumah terlalu berambisi menjadi juara sehingga merugikan Indonesia. Pelatih pun menilai penampilan pesilat tuan rumah kurang," ujar Dino Bima dalam rilis yang diterima Bola.com.

Dari sektor beregu, Indonesia sama sekali tak meraih medali. Tim yang beranggotakan Nugraha Nunu, Mubarok Anggi, dan Sani Asep harus puas berada di peringkat kelima dengan nilai 451.

Begitu juga dengan Dedi Setiadi dan Agung Falatehan yang tampil pada nomor ganda putra. Keduanya menempati peringkat keempat dengan perolehan poin 559.

Pelatih Tim Pencak Silat Indonesia, Asep Solihin, tidak bisa banyak komentar terkait kegagalan meraih emas pada hari pertama cabor pencak silat yang dipertandingkan.

"Kami bingung saja dengan penilaian wasit. Penampilan pesilat Indonesia itu yang paling terbaik di beberapa kejuaraan dan saya menilai mereka paling pantas merebut medali emas," kata Pelatih Tim Pencak Silat Indonesia, Asep Solihin.

Pencak silat SEA Games 2019 akan mempertandingkan nomor seni kelompok putri dan nomor tanding babak penyisihan, di Subic Bay Exibition Centre, Selasa (3/12/2019).

2 of 3

Kabar dari Filipina

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

3 of 3

Video:

Lanjutkan Membaca ↓