Kalahkan Laos, Thailand Terus Menekan Timnas Indonesia U-22

Oleh Aning Jati pada 03 Des 2019, 17:35 WIB
Diperbarui 03 Des 2019, 17:35 WIB
Cabor - Sepak Bola

Bola.com, Binan - Timnas Thailand U-22 terus memberi tekanan terhadap Timnas Indonesia U-22. Hal itu menyusul kemenangan 2-0 atas Laos pada matchday keempat Grup B di Binan Football Stadium, Binan, Selasa sore (3/12/2019). 

Pertandingan berlangsung dalam suasana hujan deras bercampur angin. Beberapa bagian Filipina, termasuk di Binan, Laguna, sedang diterpa Badai Tysoy. Dampaknya, kondisi lapangan berumput buatan di Stadion Binan, tergenang air, membuat laju bola makin berat.

Alhasil, pemain kedua kesebelasan terlihat kelelahan. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, permainan kedua tim masih sulit berkembang seiring kondisi fisik serta kondisi lapangan yang tak ideal. Namun, Timnas Thailand U-22 yang butuh kemenangan, terus membangun serangan.

Hanya, kiper Laos bermain bagus. Ia jatuh bangun, melakukan beberapa penyelamatan gemilang untuk menjaga gawangnya dari kebobolan. Kondisi ini sempat membuat pemain the War Elephants frustrasi.

Namun, tim asuhan pelatih Akira Nishino itu tak menyerah. Thailand terus menekan dan tak memberi peluang pada Laos untuk balik melakukan serangan.

Setelah mencoba hingga jelang pertandingan berakhir, di saat skor 0-0 dan banyak yang menduga kedua tim akan berbagi poin, Suphanat Muenta hadir sebagai penyelamat.

Pada menit ke-90, pemain berusia 17 tahun itu berdiri bebas tanpa pengawalan, dan langsung mencocor bola yang "jatuh" kepadanya dengan tendangan yang tak bisa dihalau kiper Laos. Skor 1-0.

Pada babak tambahan waktu, Laos berusaha menyamakan skor. Tim besutan pelatih V. Sundramorthy itu melakukan serangan. Seluruh pemain terlihat berada di sektor pertahanan Thailand.

Namun, upaya itu gagal dan justru Timnas Thailand U-22 yang mengambil kesempatan untuk melakukan serangan balik. Dua pemain the Changsuek melakukan serangan. Gol kedua Thailand tercipta dengan "mudah" lantaran area pertahanan Laos hanya menyisakan sang kiper.

Gol pada menit ke-93 itu juga hasil tembakan Suphanat Muenta, yang tak kesulitan menempatkan bola lantaran kiper Laos sudah jauh tertinggal.

2 dari 2 halaman

Posisi Timnas Indonesia U-22

Kemenangan ini menjadikan Timnas Thailand U-22 kini mengemas poin sembilan dari empat pertandingan. Itu berarti, Timnas Indonesia U-22 harus menyusul mencatatkan kemenangan untuk bisa menyamakan koleksi poin.

Tim Garuda Muda akan bertanding pada venue yang sama, kontra Brunei Darussalam, pada Selasa malam nanti.

Jika ingin menggusur Thailand yang saat ini ada di peringkat kedua, Timnas Indonesia U-22 minimal harus menang dengan selisih delapan gol dari Brunei. Itu karena produktivitas gol Thailand cukup tinggi, yakni 10, sedangkan Indonesia hanya tiga. 

Timnas Indonesia U-22 untuk sementara berada di peringkat ketiga dengan koleksi poin enam dari tiga pertandingan.

 

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓