Sukses


    5 Fakta Menarik Andy Setyo, Kapten Timnas Indonesia U-22 yang Dipuji Pelatih Brunei

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 membantai Brunei Darussalam dengan skor 8-0 dalam lanjutan laga Grup B SEA Games 2019, Selasa (3/12/2019). Gol-gol Garuda Muda dilesakkan Osvaldo Hay (hattrick), Egy Maulana Vikri (2), dan masing-masing satu gol dari Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, dan Andy Setro Nugroho.

    Timnas Indonesia U-22 menjaga peluang lolos ke babak semifinal. Mereka duduk di peringkat kedua dengan unggul selisih gol atas Thailand.

    Sederet pujian mengalir ke skuat Timnas Indonesia U-22. Satu di antara pujian itu disampaikan oleh pelatih Brunei Darussalam, Aminuddin.

    "Saya akan mengatakan seluruh pemain Timnas Indonesia U-22 layak menjadi yang terbaik. Namun, pendapat saya lebih ke kapten mereka (Andy Setyo), karena dia sangat baik menghentikan serangan kami," kata Aminuddin setelah laga. 

    "Kami coba menyerang, akan tetapi ketika kami melakukannya, dia segera menghentikannya. Itu adalah salah satu alasan mengapa kami kehilangan transisi dengan cepat dan Timnas Indonesia U-22 bisa melakukan serangan balik," imbuh Aminuddin.  

    Lantas siapa itu Andy Setyo Nugroho? Berikut ini Bola.com memberikan gambaran sosok Kapten Timnas Indonesia U-22 tersebut.

    2 dari 6 halaman

    1. Pemain PS Tira dan Anggota TNI

    Andy Setyo Nugroho merupakan bagian dari skuat PS Tira Persikabo yang berkompetisi di Liga 1 2019. Ia telah bermain dalam 20 pertandingan musim ini dan mencetak dua gol.

    Selain menjadi pemain bola profesional, Andy Setyo juga merupakan anggota TNI. Dia berhasil memenuhi harapan orang tuanya yang ingin melihatnya menjadi polisi atau tentara.

    3 dari 6 halaman

    2. Langganan Timnas Indonesia Kelompok Umur

    Andy Setyo merupakan pemain yang menjadi langganan Timnas Indonesia kelompok umur sejak 2015. Saat itu ia bergabung dengan skuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Fakhri Husaini.

    Ia juga masuk dalam skuat Piala AFF U-19 2016 yang dilatih Eduard Tjong. Kemudian Andy Setyo juga masuk dalam Timnas U-23 asuhan Luis Milla untuk berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2017 dan SEA Games 2017.

     

    4 dari 6 halaman

    3. Aktif di Media Sosial

    Andy Setyo juga memanfaatkan media sosial untuk bercengkerama dengan fans. Ia kerap mengunggah foto kegiatan di media sosial Instagram.

    Akun media sosial Instragam miliknya juga telah mendapat centang biru dengan jumlah pengikut sebanyak 43,9 ribu.

     

    5 dari 6 halaman

    4. Merintis Usaha Kopi

    Andy Setyo juga mulai melebarkan sayap di dunia usaha, di luar sepak bola. Ia merupakan pemilik dari tagar kopi jogja yang menjual aneka produk minuman kopi.

    6 dari 6 halaman

    5. Geluti Sepak Bola Sejak Bocah

    Anak dari pasangan Sugiyatno dan Dwi Endang R tersebut sudah menyukai sepak bola sejak bocah. Dia memulai petualangan di lapangan hijau di salah satu SSB di Magelang. Sang ayah yang memasukkannya ke SSB tersebut. 

    Tak berhenti sampai situ, sang ayah terus mendukung kiprah Andy Setyo. Dia bahkan dimasukkan ke SMA Negeri 5 Kota Magelang. Pemilihan sekolah tersebut bukan tanpa alasan, karena memiliki kelas khusus olahraga. 

    Sejak itu, bakat Andy Setyo terus dipoles hingga menjadi seperti sekarang. 

     

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer