Sukses


    Malaysia Tersingkir, Timnas Kamboja U-22 Beri Kejutan Lolos ke Semifinal SEA Games 2019

    Bola.com, Manila - Grup A sepak bola putra SEA Games 2019 memberikan kejutan. Timnas Kamboja U-22 berhasil menemani Myanmar lolos ke semifinal. Padahal, sejak pengundian grup digelar awal Oktober lalu, Kamboja tak diperhitungkan melaju ke fase empat besar.

    Selama ini prediksi mengarah pada Malaysia, finalis SEA Games 2017, serta Myanmar yang akan lolos ke semifinal SEA Games 2019. Namun, Kamboja jadi kuda hitam dan untuk kali pertama sejak SEA Games edisi 2001 berhasil tampil di empat besar.

    Kepastian ini cukup dramatis. Pasalnya, pada matchday terakhir Grup A, Rabu sore (4/12/2019), total poin yang dikoleksi Kamboja dan Filipina sama, yakni tujuh dari empat laga.

    Namun, berdasar regulasi selisih gol, Kamboja berhak ke semifinal lantaran memiliki produktivitas gol lebih baik. The Angkor Warriors memiliki selisih gol enam, sedangkan the Azkals hanya lima.

    Pada laga keempat Grup A yang dimainkan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamboja menghantam Malaysia 3-1, sementara Filipina pesta gol ke gawang Timor Leste 6-1.

    Kegagalan Malaysia cukup mengejutkan mengingat tim asuhan Ong Kim Swee ini sebenarnya dijagokan lolos ke semifinal dan bahkan melaju hingga final SEA Games 2019.

    Namun, kekalahan dari Filipina pada laga kedua (29/11/2019) membuat posisi Harimau Malaya menjadi sulit. Ditambah lagi, akhirnya negara satu rumpun Indonesia ini takluk 1-3 dari Kamboja di laga penentuan.

    Malaysia total hanya mengoleksi poin empat dari empat pertandingan, dan terpaksa angkat koper lebih dini. Sejak SEA Games edisi 2001, ini jadi ketiga kalinya Malaysia tertahan di penyisihan grup. Pada SEA Games 2007 dan 2015, Malaysia juga gagal lolos ke semifinal.

    2 dari 2 halaman

    Jadwal Semifinal

    Dengan begitu Grup A meloloskan Myanmar sebagai juara grup dengan poin 10 dan Kamboja sebagai runner-up (7).

    Pada laga semifinal, Myanmar akan bersua runner-up Grup B, sedangkan Kamboja berjumpa juara Grup B.

    Semifinal SEA Games 2019 akan dimainkan di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (7/12/2019), jam 15.00 WIB dan 19.00 WIB.

     

    Hasil Grup A

    Rabu (4/12/2019)

    Kamboja vs Malaysia 3-1

    Timor Leste vs Filipina 1-6

    Juara Grup: Myamnmar

    Runner-up: Kamboja

     

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer