Sukses


    Tersingkir dari SEA Games 2019, Timnas Malaysia U-22 Disebut Memalukan

    Bola.com, Jakarta - Timnas Malaysia U-22 harus menelan pil pahit dalam matchday keempat (terakhir) Grup A kala bersua Kamboja pada Rabu (4/12/2019). Harimau Malaya gagal merebut satu tiket tersisa ke semifinal SEA Games 2019.

    Timnas Malaysia U-22 dibungkam Kamboja dengan skor 1-3 pada pertandingan yang dihelat di Stadion Rizal Memorial, Manila. Tiga gol Kamboja masing-masing dicatatkan In Sodavid pada menit ke-56, Sieng Chanthea 57', dan Keo Sokpheng pada menit 68'.

    Sementara satu-satunya gol Malaysia disumbangkan Quentin Cheng pada menit ke-89. Bukan hanya kegagalan Malaysia yang menarik untuk dibahas.

    Reaksi media asal Malaysia juga cukup menyita perhatian. New Straits Times, Kamis (5/12/2019), menyebut penampilan tim asuhan Ong Kim Swee itu memalukan. "Kalah dari Kamboja dan gagal menembus semifinal adalah momen paling memalukan Timnas Malaysia di ajang SEA Games," tulis media tersebut.

    Bukan hanya hasil melawan Kamboja yang jadi sorotan. Kegagalan Timnas Malaysia U-22 saat bersua Filipina juga disebut memalukan.

    Bagaimana tidak, Malaysia yang menjadi runner up SEA Games cabor sepak bola pada 2017, dikalahkan Filipina dengan skor 0-1. Torehan itu membuat Timnas Malaysia U-22 hanya mengumpulkan empat poin dari empat pertandingan di Grup A.

     

    2 dari 5 halaman

    Komentar Sang Pelatih

    Pelatih Timnas Malaysia U-22, Ong Kim Swee, menerima dengan sportif kekalaham skuatnya itu. Kim Swee mengklaim pemainnya tak bisa mengambil pelajaran atas kekalahannya dari Filipina.

    "Selamat buat Kamboja. Kami mencoba untuk menang, tapi gagal. Timnas Malaysia U-22 tak bisa memaanfaatkan peluang dan harus membayar kekurangan itu. Pemain saya tak mengambil pelajaran dari kesalahan yang dilakukan pada laga sebelumnya," ujar Ong Kim Swee.

    Kemelut Timnas Malaysia U-22 juga tak kalah pelik. Rumor pemecatan Kim Swee sempat menyeruak ke permukaan.

    Pada 1 Desember 2019, News Straits Times pernah menulis pemberitaan tentang fans yang meminta Kim Swee dipecat. Ini terjadi setelah Malaysia kalah mengejutkan 1-0 oleh Filipina.

    Selain News Straits Times, media-media Malaysia lainnya juga melontarkan kritik terhadap Timnas Malaysia.  Berikut beberapa di antaranya. 

    3 dari 5 halaman

    1. Berita Harian: Timnas Malaysia Harus Menyalahkan Diri Sendiri

    Media Malaysia Berita Harian memberi judul "Skuat Kim Swee Pulang Awal" untuk kegagalan Harimau Malaya di SEA Games 2019. Berita Harian kemudian menulis ulasan ini. 

    "Malaysia harus menyalahkan diri sendiri atas kegagalan kali ini, dengan para pemain jelas tak menunjukkan performa terbaik mereka di empat laga grup." 

    "Penampilan hari ini kontra Kamboja hanya salah satu bukti skuat Datuk Ong Kim Swee gagal menunjukkan pertarungan sengit, meskipun tahu harus meraih tiga poin." 

     

    4 dari 5 halaman

    2. The Star: Timnas Malaysia Amburadul di Manila

    Media Malaysia lainnya, The Star, juga bereksi keras atas kegagalan Timnas Malaysia U-22 di SEA Games 2019. Seperti apa ulasannya? 

    "Ini memaluka dan Timnas Malaysia U-23 amburadul di Manila. Bukan hanya dipermalukan oleh Kamboja 1-3 di laga terakhir Grup A SEA Games, mereka juga finis di posisi keempat dengan hanya meraih empat poin, dan cuma mengungguli Timor Leste. 

    Terakhir kali Malaysia terdepak di babak grup pada 2015, ketika mereka finis di belakang Thailand dan Vietnam di Grup B. 

     

     

    5 dari 5 halaman

    3. The Sun Daily

    Media Malaysia The Sun Daily juga menyoroti kegagalan Timnas Malaysia U-22 di SEA Games. Mereka menyebut Malaysia pulang setelah menjalani kiprah yang menyedihkan. 

    "Tim sepak bola putra SEA Games pulang setelah kampanye yang menyedihkan, dan untuk menambah garam di atas luka, mereka tersingkir setelah kalah 1-3 dari Kamboja, itu merupakan kekalahan pertama dari negara tersebut dalam sejarah event dua tahun tersebut." 

     

    Video Populer

    Foto Populer