Sukses


    SEA Games 2019: Gregoria dan Rinov / Mentari Belum Terbendung

    Bola.com, Manila - Dua wakil Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung dan pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, mengawali perjuangan di bulutangkis perorangan SEA Games 2019 dengan manis. Gregoria dan Rinov/Mentari berhasil menyegel tiket ke perempat final setelah menang atas lawan masing-masing pada babak pertama, Kamis (5/12/2019). 

    Gregoria mengalahkan wakil Vietnam, Vu Thi Trang, melalui rubber game 21-14, 10-21, 21-13. Di pertandingan lain, Rinov/Mentari mengalahkan ganda Filipina, Peter Gabriel Magnaye/Thea Marie Pomar, 21-18, 21-12.

    Di sektor tunggal putri, Gregoria sukses merebut gim pertama, namun mengalami kendala di game berikutnya. Gregoria kemudian mencoba bangkit pada gim penentuan, hingga akhirnya menang 21-13.

    “Jujur dari persiapan tadi saya tidak memikirkan menang kalah, karena memang masih ada sedikit problem (di kaki). Jadi saya kuatkan hati saja buat mencoba terus di lapangan. Puji Tuhan tadi saya bisa melewatinya,” kata Gregoria, melalui rilis dari PBSI. 

    “Pada gim kedua saya sempat hilang mainnya juga, bingung harus apa, karena dia menjauh-jauhkan bola. Tapi Puji Tuhan gim ketiga saya bisa mengantisipasi pukulan-pukulan dari dia,” imbuh Gregoria.

    Meski belum pernah berhadapan di lapangan, Gregoria mengaku sudah mempelajari permainan Vu. Ia juga telah bersiap jika harus melewati laga yang tak mudah pada babak pertama ini.

    “Saya sudah mempersiapkan diri karena dia tipe pemain yang ulet dan susah diredam. Walaupun dia tidak memiliki pola yang spesifik, tapi dia susah diredam. Dia bermain tenang, langkahnya enak, dan kuat,” ungkap Gregoria mengenai lawannya.

    Berbicara mengenai target, Gregoria berharap bisa mendapat medali dari sektor tunggal putri ini. Pada SEA Games 2017 di Malaysia, Gregoria berhasil membawa pulang medali perunggu.

    Namun melihat kondisinya kini yang tak fit seratus persen, Gregoria mengaku ingin fokus satu demi satu dulu. Berikutnya di perempat final, Gregoria akan berhadapan dengan pemain Malaysia, Selvaduray Kisona.

    “Di SEA Games 2019 target awalnya pengin dapat medali. Tapi selangkah demi selangkah saja, karena besok juga lawannya Malaysia. Jadi mau mengeluarkan permainan terbaik dulu saja. Saya tidak mau memikirkan hasil dan tidak mau menjadi beban juga,” kata Gregoria. 

     

    2 dari 2 halaman

    Rinov / Mentari Langsung Fokus ke Laga Berikutnya

    Sementara itu ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, bersiap menghadapi laga di perempat final SEA Games 2019. Mereka akan bertemu unggulan keempat asal Thailand, Nipitphon Phuangphuapet/Savitree Amitrapai.

    Pertandingan itu menjadi pertemuan keempat kedua pasangan lapangan. Terakhir di Singapura Terbuka 2019, Rinov/Mentari mengalahkan Phuangphuapet/Amitrapai dengan skor 21-17, 21-17. Dilihat dari head to head keseluruhan, Rinov/Mentari juga unggul 2-1 atas lawannya itu.

    “Kami sudah sering ketemu mereka. Penginnya kali ini menang, tapi mau berusaha buat maksimal dulu,” kata Mentari selepas laga di Muntinlupa Sports Complex, Filipina.

    “Karena sering bertemu, mungkin lawan juga sudah tahu pola kami. Kelebihannya mereka ada dari segi tenaga dan pengalaman. Tapi kami juga jangan mau kalah,” kata Rinov.

    Sebelumnya di babak pertama, Rinov/Mentari mengalahkan Peter Gabriel Magnaye/Thea Marie Pomar (Filipina). Dalam 27 menit, Rinov/Mentari menang dua gim langsung 21-18, 21-12.

    “Tadi masih mencari celah angin dan mempelajari shuttlecock. Di sini shuttlecock-nya susah dikendalikan,” kata Rinov.

    “Saya juga masih cari-cari pola main yang pas, karena saat latihan anginnya tidak sekencang hari ini. Terus shuttlecocknya juga beda,” ujar Mentari.

     

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer