Sukses


    Aryn Williams Kirim Dukungan untuk Duo Persebaya di SEA Games 2019

    Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia U-22 mendapat adangan dari Myanmar untuk melaju ke final SEA Games 2019. Duel babak semifinal itu bakal digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019).

    Gelandang asing Persebaya, Aryn Williams, rupanya mengikuti perjuangan skuat arahan Indra Sjafri itu sejak fase grup. Hal itu tidak terlepas dari keberadaan Osvaldo Haay dan Rachmat "Rian" Irianto.

    "Saya selalu berusaha menonton pertandingan. Osvaldo dan Rian bermain sangat baik. Mereka sangat layak membela Timnas Indonesia U-22 dan mencapai semifinal," kata Williams kepada Bola.com, Jumat (6/12/2019).

    Williams mengaku terus menjalin komunikasi dengan Osvaldo dan Rian meski terpisah jarak. Dia mengaku cukup dekat dengan keduanya. Osvaldo dan Rian bahkan sempat mengirim ucapan selamat saat Persebaya memetik kemenangan.

    "Beberapa kali lewat instagram mereka mengirim ucapan selamat untuk Persebaya. Tim ini juga baru saja meraih beberapa hasil positif di Liga 1," ucap pemain asal Australia tersebut.

    "Kami semua di Persebaya sangat dekat. Saya masih terus menjalin komunikasi dengan mereka. Kami selaku mendoakan hasil terbaik untum pemain yang di Persebaya atau Timnas," imbuh Williams.

    Pemain berusia 26 tahun itu menilai dua pemain muda Persebaya itu menunjukkan perkembangan positif bersama skuat Garuda Muda. Osvaldo dan Rian bisa dibilang memegang peranan penting hingga lolos ke semifinal.

    Osvaldo saat ini menjadi top scorer sementara ajang tersebut dengan raihan 7 gol. Bukan tidak mungkin pemain asal Papua itu bakal membawa Timnas Indonesia U-22, meraih emas dan mendapat gelar individu.

    "Osvaldo sekarang sedang dalam permainan apik dan dia tidak bisa berhenti sekarang. Rian juga merupakan gelandang yang solid dan bermain luar biasa juga," ujar Williams.

    "Saya sangat berharap Osvaldo dan Rian bisa mengalahkan Myanmar dan lolos ke final. Saya yakin itu akan memberi dampak positif dalam pertandingan berikutnya," tutur pemain bernomor punggung 28 itu.

    2 dari 3 halaman

    Sumber Produktivitas Timnas Indonesia U-22

    Sumber produktivitas Timnas Indonesia U-22 berasal dari lini depan. Trisula Osvaldo Haay, Egy Maulana Vikri, dan Saddil Ramdani total mengemas 12 gol.

    Osvaldo menjadi pemain tertajam Timnas Indonesia U-22. Penyerang sayap Persebaya Surabaya ini mencatatkan tujuh gol dari lima penampilan. Capaian yang luar biasa mengingat pemain asal Jayapura, Papua tersebut hanya tiga kali tampil sebagai pemain utama.

    Hebatnya lagi, Osvaldo berperan di luar kebiasannya di Timnas Indonesia U-22. Di Persebaya, eks pemain Persipura Jayapura itu lebih akrab meyisir di posisi sayap. Di skuat berjulukan Garuda Muda ini, pelatih Indra Sjafri memplot Osvaldo sebagai penyerang tengah.

    Osvaldo menjadi alternatif Indra Sjafri sebab Timnas Indonesia U-22 hanya membawa Muhammad Rafli sebagai penyerang murni di SEA Games 2019.

    Pemain berusia 22 tahun itu mulanya bukan pilihan utama Indra Sjafri. Arsitek asal Pesisir Selatan itu telah mematangkan trisula Rafli, Egy, dan Saddil selama persiapan sebelum SEA Games 2019. Ketiga pemain itu pula yang mengisi lini serang Timnas Indonesia U-22 ketika menghadapi Thailand dan Singapura pada dua partai pertama Grup B.

    Sadar Rafli terisolasi oleh lini belakang Thailand, Indra Sjafri memasukkan Osvaldo pada babak kedua dan memasangnya sebagai penyerang tengah diapit oleh Egy dan Saddil. Insting Osvaldo sebagai pemain sayap berhasil keluar di tengah kerumunan pemain lawan. Ia beberapa kali memanfaatkan kecepatannya untuk merepotkan sektor pertahanan Thailand.

    Kepercayaan Indra Sjafri dibayar oleh Osvaldo dengan sebuah gol penutup kemenangan Timnas Indonesia U-22 2-0 atas Thailand di pengujung pertandingan.

    3 dari 3 halaman

    Laporan Langsung dari Filipina

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina di dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer