Sukses


    Catatan Menarik Semifinalis Sepak Bola SEA Games 2019

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 berhasil merebut tiket semifinal sepak bola SEA Games 2019 setelah menang telak atas Laos dengan skor 4-0, Kamis (5/12/2019). Osvaldo Haay dkk. berjumpa Myanmar di semifinal.

    Duel menarik antara dua tim tersebut akan digelar Sabtu (7/12/2019), di Stadion Rizal Memorial, Manila. Kedua tim membawa misi tinggi untuk menjadi yang terbaik di Asia Tenggara.

    Bukan hanya Timnas Indonesia dan Myanmar, Kamboja dan Vietnam juga menjadi peserta semifinal sepak bola SEA Games 2019.

    Di sisi lain, komposisi peserta semifinal sepak bola SEA Games 2019 ini terbilang di luar dugaan.

    Pasalnya, tak ada nama Thailand di sana. Dominasi Thailand dalam cabang sepak bola putra SEA Games, khususnya selama tiga edisi terakhir akhirnya runtuh.

    The War Elephants harus pulang lebih dulu setelah ditahan Vietnam dengan skor 2-2 (5/12/2019). Hasil yang tak bisa dibilang bagus, mengingat Thailand perlu menang untuk merebut tiket semifinal.

    Hasil itu pula yang membuat Thiland harus menduduki peringkat ketiga di kalsemen akhir Grup B dengan koleksi 10 poin dan pulang lebih awal. Imbasnya, komposisi peserta semifinal sepak bola SEA Games 2019 berubah.

    Dengan begitu, dipastikan akan lahir jagoan baru di SEA Games 2019 setelah Thailand gagal lolos ke babak semifinal tahun ini. Ini akan jadi kali pertama dalam 28 tahun terakhir, medali emas SEA Games akan disabet tim selain Thailand dan Malaysia.

    Maklum dalam 28 tahun terakhir, hanya dua negara itu saja yang mendominasi raihan medali emas SEA Games. Sejak SEA Games 1993, Thailand tercatat memenangi 11 edisi SEA Games, sedangkan Malaysia dalam dua edisi.

    Mengacu pada hal tersebut, Bola.com merangkum cacatan menarik semifinalis sepak bola SEA Games 2019, yang perlu Anda tahu.

    2 dari 5 halaman

    1. Indonesia

    Timnas Indonesia U-22 menjadi satu di antara semifinalis SEA Games 2019. Indonesia berhasil merebut tiket ke semifinal setelah mengalahkan Laos dengan skor 4-0 pada Kamis, (5/12/2019).

    Dengan masuknya Indonesia ke semifinal, tim asuhan Indra Sjafri itu memiliki peluang yang baik untuk kembali merebut emas.

    Target tersebut menjadi keharusan karena kali terakhir Indonesia menyebet medali emas di cabor sepak bola putra SEA Games terjadi pada 1991 alias 28 tahun yang lalu, yang juga dimainkan di Manila.

    Bukan hanya itu, salah seorang pemain Timnas Indonesia U-22, yakni Osvaldo Haay, juga memiliki catatan menarik. Osvaldo berhasil mencatatakan namanya sebagai top scorer pada babak fase penyisihan grup dengan koleksi tujuh poin.

    3 dari 5 halaman

    2. Kamboja

    Timnas Kamboja U-22 berhasil membuktikan diri pada ajang sepak bola pria SEA Games 2019. Meski menjadi tim yang tak diunggulkan, Kamboja berhasil lolos ke babak semifinal.

    Torehan ini menjadi rekor positif Timnas Kamboja di bawah asuhan pelatih Felix Dalmas. Timnas Kamboja baru pertama kali menembus semifinal dalam ajang dua tahunan antarnegara Asia Tenggara itu.

    Bisa dibilang, ini prestasi terbaik the Angkor Warriors dalam 30 tahun terakhir di SEA Games.

    4 dari 5 halaman

    3. Myanmar

    Catatan menarik juga ditorehkan oleh Timnas Myanmar U-22 di bawah asuhan Velizar Popov. Ini akan menjadi kesempatan Myanmar untuk merebut emas di era SEA Games.

    Myanmar memang pernah meraih medali emas pada pesta olahraga negara di kawasan Asia Tenggara. Namun, pesta olahraga itu masih bernama Peninsular Games (1959-1975).

    Myanmar menjuarai Peninsular Games cabang olahraga sepak bola pada tahun 1965, 1967, 1969, 1971, dan 1973. Sementara pada era SEA Games, Myanmar belum pernah meraih emas.

    5 dari 5 halaman

    4. Vietnam

    Sama halnya Myanmar, Vietnam juga belum pernah menyabet emas di era SEA Games. Kali terakhir Vietnam mendapat emas dalam olahraga antarnegara ASEAN ini yakni pada 1959.

    Saat itu, SEA Games masih bernama Peninsular. Itu berarti, SEA Games 2019 menjadi kesempatan Vietnam untuk menjadi raja di sepak bola Asia Tenggara.

    Peluang Vietnam bahkan disebut cukup besar. Vietnam menjadi tim yang diunggulkan untuk meraih emas pada SEA Games 2019 ini.

    Video Populer

    Foto Populer