Demi Timnas Indonesia U-22, Sumardji Rela Bolak-balik Jakarta Manila

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 08 Des 2019, 13:15 WIB
Diperbarui 08 Des 2019, 13:16 WIB
Timnas Indonesia U-22

Bola.com, Jakarta - Rangkap jabatan membuat Sumardji begitu sibuk. Pria berpangkat Ajun Komisaris Besar Kepolisian (AKBP) ini perlu membagi waktunya untuk Timnas Indonesia U-22 dan Bhayangkara FC.

Saat ini, Sumardji tengah menemani perjuangan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019 Manila, Filipina. Statusnya adalah manajer tim. Selain itu, ia juga menduduki posisi sebagai Chief Operating Officer (COO) merangkap Manajer Bhayangkara FC.

Karena kesibukannya bersama Timnas Indonesia U-22 di Manila, Sumardji terpaksa meninggalkan aktivitas sehari-hari Bhayangkara FC. Namun, ia masih menyempatkan diri untuk pulang ke Jakarta ketika tim berjulukan The Guardian itu bertindak sebagai tuan rumah.

Sehari setelah Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand pada partai pertama Grup B SEA Games 2019, Sumardji langsung pulang ke Jakarta untuk menemani Bhayangkara FC kontra Arema FC di Stadion PTIK, 27 November 2019.

Keesokan harinya atau 28 November 2019, Sumardji kembali ke Manila guna demi duduk di bench kala Timnas Indonesia U-22 menghadapi Singapura di Rizal Memorial Stadium, Manila.

"Itu risiko yang harus dihadapi karena semuanya adalah tugas yang harus saya jalankan," ujar Sumardji beberapa waktu lalu.

"SEA Games ini perhelatan dua tahunan. Saya yang diberikan tugas oleh Pak Kapolri Idham Aziz untuk betul-betul all out berbuat sebaik mungkin bagi Timnas Indonesia U-22," imbuh Sumardji.

2 of 2

Berbuah Kemenangan

J-League, PSSI, Tokyo FC, Bhayangkara FC
Manager Bhayangkara FC, AKBP Sumardji saat mengikuti press conference di Kantor PSSI, Jakarta, (16/1/20180. Pertemuan ini membahas J-League Asia Challenge 2018. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Kegigihan Sumardji untuk bolak-balik Manila ke Jakarta tidak sia-sia. Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Thailand 2-0, Singapura 2-0, dan Bhayangkara FC membungkam Arema FC 1-0.

Teraktual, Sumardji kembali pulang ke Jakarta pada 4 Desember lalu setelah sehari sebelumnya bertugas sebagai manajer ketika Timnas Indonesia U-22 membantai Brunei Darussalam 8-0.

Kehadiran Sumardji melipatgandakan motivasi Bhayangkara FC untuk menghabiskan Persija Jakarta 3-0 di Stadion PTIK. Esoknya, ia kembali bergegas ke Manila sebab Timnas Indonesia U-22 akan bertanding melawan Laos pada partai terakhir Grup B.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-22 berhasil melenggang ke final SEA Games 2019. Tim berjulukan Garuda Muda ini bakal menghadapi Vietnam pada Selasa (10/12/2019) di Rizal Memorial Stadium.

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓