Sukses


    SEA Games 2019: Tambah 4 Medali Emas, Kontingen Indonesia Lewati Target Presiden Jokowi

    Bola.com, Jakarta - Kontingen Indonesia menambah empat medali emas di SEA Games 2019 pada Minggu (8/12/2019) siang WIB. Empat medali tersebut diraih dari cabang olahraga panahan, ski air, surfing, dan bowling.

    Medali emas panahan dipersembahkan Hendra Purnama pada final nomor individual recurve putra. Bertanding di Parade Ground, Hendra mampu mengalahkan atlet asal Myanmar, Linn Htike Oo, dengan skor 6-4.

    Bagi Indonesia, ini adalah medali emas kedua dari panahan. Sebelumnya, medali emas didapatkan Arif Pangestu, Riau Ega, dan Hendra Purnama yang turun pada nomor tim recurve putra.

    Sementara itu, medali emas dari ski air didapat pada nomor Cableski Mixed Team di Deca Wakeboard Park, Davao. Indonesia diperkuat Ade Hermana, Dimas Suprihono, Muhammad Putu, Nur Priambodo, Safira Widodo, dan Emilia Hampp.

    Dari cabang olahraga surfing direngkuh Hairil Anwar. Tampil pada nomor shortboard open putra di Monaliza Point, San Juan, La Union, Hairil berhasil mengumpulkan total skor 12,90.

    Hairil Anwar mengungguli sesama surfer Indonesia, Rio Waida, yang meraih medali perak. Rio mengoleksi total poin 10,40.

    Dengan keberhasilan Hairil, cabang olahraga surfing telah merengkuh dua medali emas di SEA Games 2019. Satu medali emas lainnya didapat Dhea Novitasari yang tampil pada nomor longboard open putri.

    Medali emas SEA Games 2019 berikutnya yang diraih Indonesia disumbangkan Muhammad Islam Billy pada nomor masters event putra. Bertanding di Cornado Lanes, Starmall Edsa, Billy mengalahkan rekan senegaranya, Ryan Leonard Lalisang.

     

    Video:

    2 dari 2 halaman

    Lampaui Target Presiden Jokowi

    Dengan raihan tersebut, kontingen Indonesia telah meraih 12 medali emas pada Minggu (8/12/2019). Selain dari panahan (2), ski air, surfing (2), dan bowling, medali emas juga didapat cabor menembak, dayung (2), dan perahu naga (3).

    Hasil itu pun membuat kontingen Indonesia berada di posisi kedua klasemen SEA Games 2019. Sejauh ini ini, Indonesia telah meraih 193 medali, dengan perincian 63 emas, 58 perak, dan 72 perunggu.

    Berhasil merengkuh 63 medali emas, kontingen Indonesia telah melewati target yang ditetapkan Presiden Jokowi. Pada saat pelepasan 841 atlet Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (27/11/2019), Presiden Jokowi ingin Indonesia finis di posisi kedua dan meraih 60 medali emas.

    "Saya melihat, dari wajah kalian memperlihatkan semangat yang tinggi. Kita harapkan, yang saya sampaikan bisa kita raih, meski saya tahu ini tidak gampang," ujar Jokowi beberapa waktu lalu.

    "Namun, saya tahu perjuangan kalian didukung rakyat Indonesia akan memberikan sebuah semangat tersendiri untuk meraih medali sebanyak-banyaknya," lanjutnya.

    Catatan: 1 medali emas dan 1 medali perak Indonesia dari cabang kano belum masuk sistem rekap PHISGOC  

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer