Sukses


    Bulutangkis SEA Games 2019: Kegagalan Tunggal Putra Indonesia di Luar Prediksi

    Bola.com, Manila - Tunggal putra Indonesia dipastikan gagal meraih satu pun medali dari nomor perorangan bulutangkis SEA Games 2019. Kegagalan itu di luar prediksi tim pelatih.

    Indonesia menurunkan dua nama di sektor tunggal putra, yakni Shesar Hiren Rhustavito dan Firman Abdul Kholik. Sayangnya, langkah Shesar dan Firman harus terhenti pada babak-babak awal.

    Shesar kandas pada perempat final akibat menelan kekalahan 18-21, 20-22 dari Loh Kean Yew asal Singapura. Sementara itu, Firman lebih dulu angkat koper, setelah takluk 9-21, 17-21 dari Sitthikom Thammasin (Thailand).

    Hasil ini membuat Indonesia dipastikan tanpa medali SEA Games 2019 di sektor tunggal putra. Padahal biasanya, tunggal putra cukup rajin menyumbangkan medali untuk Indonesia.

    Sebelumnya di SEA Games 2017, tunggal putra menyumbangkan satu medali emas dari Jonatan Christie, dan satu medali perunggu dari Ihsan Maulana Mustofa.

    "Hasil ini di luar prediksi saya. Saya targetnya final dan syukur-syukur bisa juara. Tetapi kondisi lapangan juga berpengaruh pada pertandingan kali ini. Dan mereka juga kalahnya sama Singapura dan Thailand," ujar Hendry Saputra, pelatih tunggal putra Pelatnas PBSI.

    "Selain itu Jonatan dan (Anthony Sinisuka) Ginting juga tidak bisa diturunkan saat ini, karena ada perhitungan lain. Jadi hasil ini harus bisa diterima," lanjut Hendry dalam rilis dari PBSI.

     

    2 dari 2 halaman

    Evaluasi Penampilan

    Kondisi angin juga diakui Hendry menjadi kendala anak didiknya saat bertanding di lapangan. Namun tak mau sekedar beralasan, Hendry pun mengantongi sejumlah catatan evaluasi untuk Shesar dan Firman.

    "Memang ada pemain yang tipenya bisa mengatasi suatu hambatan di lapangan, termasuk angin, ada yang belum bisa. Nah mereka ini belum bisa. Padahal lawan kan juga merasakan hal yang sama," kata Hendry.

    "Jadi memang kedepannya perlu ada latihan khusus untuk menghadapi kesukaran di lapangan supaya lebih tenang."

    "Untuk SEA Games kedepannya jadi sudah tahu siapa yang akan diturunkan. Hasil ini di luar prediksi saya. Sebenarnya kalau dengan Shesar juga seharusnya sudah bisa," ungkap Hendry lagi.

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer