Alasan Mengapa Banyak Orang Vietnam Bernama Nguyen

Oleh Wiwig Prayugi pada 10 Des 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 10 Des 2019, 10:00 WIB
Timnas Vietnam U-22

Bola.com, Manila - Timnas Vietnam U-22 akan menjadi lawan Indonesia di final SEA Games 2019 yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12/2019).

Dalam beberapa tahun terakhir, sepak bola Vietnam berkibar. Setelah menjuarai Piala AFF 2018, mereka pun mengincar medali emas SEA Games untuk pertama kalinya.

Bicara tentang Vietnam, satu yang selalu menarik dibahas ialah nama pemain, pelatih, atau pengurus federasi yang seragam, yakni Nguyen.

Dilansir dari laman Nextshark, yang ditulis Liputan6.com, dua dari lima orang di Vietnam ternyata bernama Nguyen. Jumlah itu lebih besar dibandingkan dengan nama Muhammad atau Ahmad di Indonesia, serta Kim di Korea, dan Smith di Australia.

Mulai dari penyerang berbahaya Nguyen Chong Phuong sampai pelatih kepalanya, Nguyen Huu Thang, panggilan ini menandakan eksistensi orang keturunan Dinasti Nguyen.

Sejak tahun 1802, ditengarai orang-orang Vietnam mulai gemar menamai anak mereka dengan nama Nguyen. Pasalnya, ketika itu Dinasti Nguyen berhasil mengambil alih kekuasaan dari Dinasti Mac. 

Di tengah Kekaisaran Nguyen Lords, orang-orang mengganti nama mereka agar ingin terhindar dari kewajiban membayar pajak. Selain itu, mereka berharap bisa terhindar dari eksekusi mati, karena punya hubungan dengan Dinasti Mac.

Sejak saat itu, nama Nguyen mulai tersebar penggunaannya sampai sekarang. Konon, jika seseorang memiliki nama Nguyen, maka hidup mereka akan terbebas dan gangguan, penganiayaan, dan berpengaruh pada masyarakat sekitar.

Kini orang Vietnam yang menyematkan sub-nama tersebut tak ada hubungannya langsung dengan Dinasti Nguyen. Orang-orang bakal sadar jika Nguyen keturunan ningrat jika mereka mengemban nama Nguyen Phuoc atau Nguyen Phuc.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemain Bernama Nguyen

Timnas Indonesia U-22 Vs Vietnam U-22
Bek Timnas Indonesia U-22, Andy Setyo, berebut bola dengan striker Vietnam U-22, Ha Duc Chinh, pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12). Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Di skuat SEA Games 2019, Timnas Vietnam U-22 memiliki

Nguyen Van Toan (kiper), Nguyen Thanh Chung dan Nguyen Duc Chien (belakang), Nguyen Trong Hoang, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai, Nguyen Trong Hung (tengah), Nguyen Tien Linh (depan)

Sumber: Nextshark

Disadur dari: Liputan6.com 

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓