Sukses


    31 Rekor Baru Tercipta Sepanjang Perhelatan SEA Games 2019

    Jakarta Ajang SEA Games 2019 akhirnya berakhir pada Kamis (11/12/2019). Sebanyak 31 rekor baru pecah di multievent olahraga antarnegara Asia Tenggara ini.

    Dari 31 rekor baru tersebut, dua di antaranya diciptakan oleh atlet Indonesia. Cabang olahraga renang dan atletil menjadi lumbung pecahnya rekor-rekor di SEA Games 2019.

    Renang dan atletik merupakan Compulsory Sports atau cabang olahraga wajib yang dipertandingkan di SEA Games. Sementara yang lain dikategorikan sebagai cabang-cabang olah raga digelar pada Olimpiade dan Asian Games (Olympic and Asian Games Sports) dan cabang-cabang olah raga regional dan baru (Regional and New Sports).

    Pertandingan cabor renang di SEA Games 2019 berlangsung pada 4-9 Desember. Terjadi 23 kali pemecahan rekor di kolam renang dalam penyelenggaraan yang berlangsung di Aquatic Center, New Clark City.

    Perenang asal Indonesia I Gede Siman Sudartawa memperbaiki rekornya dalam nomor 50 meter gaya punggung putra dari 25,20 detik menjadi 25,12 detik. Rekor tersebut tercipta pada Sabtu, 7 Desember 2019 pukul 19:08 waktu Manila, Filipina.

    Sementara dari cabor atletik, yang digelar pada 6-11 Desember 2019, terjadi delapan kali pemecahan rekor. Adalah atlet Indonesia, Sapwaturrahman Sanapiah Arsyad, yang mengukir rekor baru lompat jauh putra SEA Games 2019.

    Video

    2 dari 2 halaman

    Lompat Jauh

    Atlet kelahiran 13 Mei 1994 ini melompat sejauh 8,03 meter di Athletic Stadium, New Clark City. Rekor sebelumnya milik Hendry Dagmil asal Filipina dengan lompatan sejauh 7,87 meter.

    Pada cabang atletik dari delapan kali pemecahan rekor, empat kali dilakukan oleh atlet Filipina, dua kali oleh atlet Thailand, dan masing-masing satu kali oleh atlet Indonesia.

    Sementara pada renang, atlet-atlet Singapura mendominasi pemecahan rekor. Dari 23 kali pemecahan rekor, 16 kali dilakukan oleh para perenang Singapura. Sisanya tiga kali dilakukan atlet Vietnam, dan masing-masing satu kali oleh Malaysia, Thailand, Filipina, dan Indonesia.

    Perenang putri Singapura Quah Ting Wen menjadi bintang kolam renang SEA Games 2019 dengan melakukan enam kali pemecahan rekor. Tiga kali pada nomor perorangan dan 3 kali pada nomor estafet.

     

    Sumber asli: Liputan6.com

    Disadur dari: Liputan6.com (Winci Wicaksono/Defri Saefullah, Published 11/12/2019)

    Video Populer

    Foto Populer