Sukses


Dipermalukan Bilbao, Ambisi Sextuple Barcelona Terancam Gagal

Bola.com, Bilbao - Barcelona dibuat tak berkutik saat menghadapi Athletic Bilbao di leg pertama Piala Super Spanyol 2015. Tampil dominan, Los Cules secara mengejutkan tumbang empat gol tanpa balas dari Bilbao.

Penyerang veteran, Aritz Aduriz menyumbangkan tiga gol untuk Los Leones yakni pada menit ke-53, 62, dan 68. Dan satu gol Bilbao lainnya tercipta atas nama Mikel San Jose pada menit ke-13.

Hasil ini membuat ambisi Barcelona mengukir sextuple atau meraih enam gelar juara di tahun ini semakin berat. Sebab, mereka minimal harus memetik kemenangan 5-0 saat gantian menjamu Bilbao di Camp Nou, pada 17 Agustus, jika ingin menjuarai Piala Super Spanyol.

Jika gagal, El Barca tak mampu mengulangi prestasi serupa ketika masih diasuh Pep Guardila pada 2009. Saat itu, Guardiola mampu mengantarkan Blaugrana menyapu bersih trofi juara pada 2009, yakni La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antar Klub.

Menjalani laga di Estadio San Mames, Sabtu (15/8/2015) dini hari WIB, Barca turun dengan taktik 4-3-3. Lionel Messi, Luis Suarez, dan Pedro menjadi trisula maut di lini depan. Sedangkan Bilbao, tampil dengan formasi 4-2-3-1 yang mengandalkan Aritz Aduriz sebagai penyerang tunggal.

Kendati bermain dengan skuat terbaiknya, Los Cules kerepotan membongkar pertahanan Los Leones. Justru tim tuan rumah yang mampu memimpin lebih dulu pada menit ke-13.

Berawal dari kesalahan kiper Marc-Andre ter Stegen dalam menghalau bola, si kulit bundar jatuh di kaki Mikel San Jose yang berada di tengah lapangan. Melihat Ter Stegen keluar terlalu jauh dari sarangnya, San Jose langsung melepaskan tembakan. Bola pun meluncur deras masuk ke dalam gawang.

Tanpa kehadiran Andres Iniesta, Ivan Rakitic, serta Sergio Busquets di lini tengah, Blaugrana kesulitan membangun serangan. Alhasil, El Barca tak memiliki satupun tembakan ke gawang hingga laga berjalan 36 menit.

Messi..!! Ah sayang, La Pulga gagal mencetak gol di menit ke-45. Tendangan kapten timnas Argentina itu dari luar kotak penalti mudah dihentikan kiper. Sampai turun minum, keunggulan 1-0 Bilbao tetap bertahan.

Masuk babak kedua, Barcelona coba mengambil inisiatif serangan. Dua peluang bagus didapat Sergio Roberto di menit ke-50 dan Messi pada menit ke-51. Tapi, usaha keduanya dapat dihentikan kiper Bilbao, Gorka Iraizoz.

Pada menit ke-53, Athletic Bilbao menggandakan keunggulan berkat aksi Aritz Aduriz. Penyerang 34 tahun tersebut mampu menjaringkan bola ke dalam gawang Barcelona dengan sundulan setelah menyambut umpan Sabin.

Sembilan menit berselang, Bilbao kembali mencetak gol dan lagi-lagi disarangkan Aritz Aduriz. Tembakan kaki kanan Aduriz usai menyambut assist dari Javi Eraso tak mampu dihentikan Marc-Andre ter Stegen.

Pada menit ke-67, Athletic Bilbao mendapatkan hadiah penalti setelah Xabier Etxeitia dilanggar Dani Alves di kotak terlarang. Aduriz yang maju sebagai algojo menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan 12 pas Aduriz ke sisi kiri berhasil memperdayai Ter Stegen.

Di menit-menit akhir, Barcelona coba meningkatkan tempo serangan. Akan tetapi, usaha Lionel Messi, Luis Suarez, Iniesta, hingga Rakitic membongkar solidnya pertahanan Bilbao selalu kandas.

Sampai peluit panjang berbunyi tanda laga usai, skor 4-0 untuk kemenangan Athletic Bilbao tetap bertahan.

Bilbao tampil efektif di pertandingan kali ini. Meski kalah dalam penguasaan bola 26 persen berbanding 74 persen, tim asuhan Ernesto Valverde ini mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun untuk mencetak gol.

Sepanjang laga, Bilbao mampu melepaskan sembilan sepakan dan empat yang tepat sasaran. Sementara Barca memiliki empat tembakan on target dari delapan kali kesempatan.

Susunan Pemain:
Athletic Bilbao (4-2-3-1): 1-Gorka Iraizoz; 4-Aymeric Laporte, 10-Oscar de Marcos, 16-Xabier Etxeitia, 24-Mikel Balenziaga; 5-Javier Eraso (Gurpegi 77'), 6-Mikel San Jose; 7-Benat, 14-Markel Susaeta (Eneko Boveda 85'), 27-Sabin (Inigo Lekue 66'); 20-Aritz Aduriz.

Barcelona (4-3-3): 1-Marc-Andre ter Stegen; 6-Dani Alves, 15-Marc Bartra, 21-Adriano, 23-Thomas Vermaelen; 14-Javier Mascherano, 20-Sergi Roberto (Ivan Rakitic 60'), 12-Rafinha (Andres Iniesta 52'); 7-Pedro (Sandro Ramirez 72'), 9-Luis Suarez, 10-Lionel Messi.

Video Populer

Foto Populer