Sukses


5 Alasan Barcelona Bisa Jungkalkan Bilbao

Bola.com, Jakarta - Barcelona dibuat tak berkutik saat menghadapi Athletic Bilbao di leg pertama Piala Super Spanyol 2015. Tampil dominan, Los Cules secara mengejutkan tumbang empat gol tanpa balas dari Bilbao.

Hasil ini membuat ambisi Barcelona mengukir sextuple atau meraih enam gelar juara di tahun ini semakin berat. Sebab, mereka minimal harus memetik kemenangan 5-0 saat gantian menjamu Bilbao di Camp Nou, pada 17 Agustus, jika ingin menjuarai Piala Super Spanyol.

Namun, ada beberapa sejarah statistik yang memberikan harapan bahwa Barca masih dapat memenangkan trofi tersebut. Tidak percaya? Kalau begitu, berikut Bola.com sajikan alasan statistik Barcelona dapat memenangkan Piala Super Spanyol 2015:

1. Bilbao Minim Kemenangan di Kandang Barca

Dari 52 pertemuan dengan Barca, Bilbao baru memenangi delapan pertandingan di antaranya. Itu pun hanya dua kemenangan saja yang didapat di kandang Blaugrana. Selebihnya, sebanyak 19 laga, Bilbao takluk di markas Barca.

2. Bilbao Lama Tak Menang di Kandang Barca

Bilbao tidak terlalu sering menang di markas Barca. Kemenangan terakhir mereka didapatkan lebih dari sedekade silam, tepatnya pada 24 November 2001. Kala itu Los Leones menang dengan skor tipis, 2-1. Ini pun merupakan kemenangan kembali Los Leones atas Los Cules pertama sejak 6 Februari 1994.

3. Bilbao Merupakan Lumbung Gol Barca

Sejauh ini, Barca dan Bilbao sudah bertemu sebanyak 52 kali (pertama kali pada 1993). Dari sejumlah pertemuan tersebut, hanya enam di antaranya yang berakhir dengan clean sheet atau tanpa kebobolan bagi Bilbao. Selebihnya, Barca pasti bisa mencetak gol, sekalipun hanya satu.

4. Catatan Gol Gemilang Barca di Kandang Kontra Bilbao

Barca membutuhkan kemenangan 5-0 agar langsung dapat menang. Namun jika tak mampu mencetak jumlah tersebut, Barca dapat mencetak empat gol saja agar pertandingan dapat dipaksakan memasuki perpanjangan waktu maupun adu penalti.

Meskipun sering kalah, Bilbao jarang takluk dengan selisih gol lebih dari tiga. Namun, Los Leones pernah kalah tiga kali dengan skor 0-4, yakni pada 1998, 1999, dan 2000 yang kesemuanya diderita di kandang Barca. Bahkan, Bilbao pernah kalah hingga 0-7 pada Februari 2001.

5. Bilbao Miskin Gol di Kandang Barca

Salah satu kesempatan bagi Barcelona memenangkan pertandingan secara agregat adalah jika nanti Bilbao tak sukses mencetak gol di kandang Barca. Dengan tak adanya gol dari anak asuhan Ernesto Valverde ini, berarti Los Cules masih mungkin terhindar dari kekalahan agresifitas gol.

Bilbao sendiri tampaknya tak terlalu jago membuat gol ketika menjadi tamu Barcelona. Rata-rata Bilbao mencetak gol dalam setiap satu pertandingan di kandang Barca sebesar 0,71 (17 gol dari 24 pertemuan).

Sumber: Soccerway (Statistik)

Baca Juga:

Dipermalukan Bilbao, Ambisi Sextuple Barcelona Terancam Gagal

Dibekap Bilbao 0-4, Iniesta: Mental Barcelona Tak Boleh Hancur

"Hanya Barcelona Tim yang Berpeluang Bangkit setelah Kalah Besar"

 

Video Populer

Foto Populer