Sukses


Pembunuh Barcelona Bernama Aritz Aduriz

Bola.com, Bilbao - Bukan Cristiano Ronaldo, melainkan Aritz Aduriz, pemain yang mampu mencetak tiga gol ke gawang Barcelona dalam satu pertandingan. Pada laga leg pertama Piala Super Spanyol di Stadion San mames, Bilbao, (14/8), hattrick dari sang penyerang mampu membawa Athletic Bilbao menang 4-0.

Kemenangan yang membuat mereka selangkah lagi merengkuh gelar juara Piala Super Spanyol yang ketiga. Pada laga itu, Bilbao sudah unggul pada menit 13. Mikel San Jose melepaskan tembakan indah dari tengah lapangan setelah menerima “umpan” dari Marc-Andre Ter Stegen.

Kegemilangan Aritz Aduriz
Tanpa Andres Iniesta dan Ivan Rakitic, alur serangan Barcelona tak berkembang. Memanfaatkan situasi itu, Bilbao bisa mengimbangi Blaugrana dan memanfaatkan sebaik mungkin peluang yang ada.

Gol kedua datang pada menit 53 setelah Aduriz menyambar umpan silang Sabin Merino melalui sundulan. Inilah gol pembuka bagi dirinya. Gol kedua menyusul pada menit ke 62 lewat tembakan dari dalam kotak penalti. Sementara gol ketiga lahir dari titik penalti pada menit 68, setelah Aymeric Laporte dijatuhkan Dani Alves.

Statistik Aritz Aduriz
Sepanjang pertandingan Aritz Aduriz jadi tumpuan di lini depan Bilbao. Dia didukung oleh pengatur serangan, Etxebarria Bernat. Pemain yang pernah memperkuat Valencia ini membayar kepercayaan yang diberikan.

Eks penyerang Valencia ini melepaskan tiga tembakan yang semuanya berbuah gol. Itu berarti, akurasi tembakan dan rataan konversi peluang Aduriz di laga ini mencapai 100%.

Aduriz juga sempat membantu sekali merebut bola dari penguasaan lawan. Ini menunjukkan bahwa pressing ketat yang dilakukan oleh Athletic Bilbao memang dilakukan oleh semua pemain dan sangat menyulitkan anak asuh Luis Enrique. Total 47 kali bola berhasil direbut oleh Bilbao dari penguasaan lawan.

Pergerakan Aduriz membuat ia tiga kali dilanggar oleh Barcelona, dari total 11 pelanggaran terhadap pemain Bilbao. Namun di sisi lain, Aduriz juga banyak melakukan pelanggaran. Dia melanggar lawan empat kali dari total 21 pelanggaran yang dibuat oleh Bilbao.

Aritz Aduriz

Peluang juara Bilbao
Trigol ini jelas memberi catatan penting dari bagi karir pemain berusia 34 tahun tersebut. Juga sangat penting bagi Bilbao agar bisa merengkuh gelar Piala Super Spanyol.

Selain itu, hasil tersebut memperbaiki catatan pertemuan Bilbao dengan Barcelona. Sepanjang sejarah, keduanya kini pernah 214 kali bersua (termasuk leg 1). 104 kemenangan didapat Barcelona dan 35 kemenangan bagi Bilbao, sementara sisanya berakhir imbang. 396 gol dicetak oleh Barcelona atau rata-rata 1,86 gol per pertandingan. Sementara Bilbao mencetak 314 gol atau rata-rata 1,46 gol per pertandingan.

Sangat mungkin leg 2 yang berlangsung di Camp Nou, Barcelona, Selasa (18/8) dinihari WIB, kembali dipenuhi dengan gol. Menarik untuk menanti apakah pemain bernama lengkap Aritz Aduriz Zubeldia ini mampu kembali menjadi pembunuh Barcelona.

Logo Labbola

Baca Juga:

5 Alasan Barcelona Bisa Jungkalkan Bilbao

Kisah Takluknya Barcelona dari Bilbao Hadir Dalam Animasi

Ernesto Valverdre Tak Percaya Bilbao Bekuk Barcelona 4-0

Video Populer

Foto Populer