Sukses


Real Madrid Kembali Buat Masalah!

Bola.com, Madrid - Real Madrid kembali mendapatkan masalah setelah media Spanyol, AS, pada Jumat (15/1/2016), melaporkan, David Bettoni, "tangan kanan" pelatih Los Blancos, Zinedine Zidane, tidak memenuhi kualifikasi sebagai asisten pelatih tim utama karena tidak memiliki lisensi pelatih Pro UEFA.

Bettoni sebelumnya berstatus sebagai asisten Zidane di skuat Real Madrid Castilla. Pelatih berusia 44 tahun yang juga merupakan sahabat kecil Zidane itu masuk ke jajaran staf pelatih Madrid saat Zidane didaulat menjadi pelatih utama Los Galacticos pada 4 Januari 2015.

Masalah ini bermula ketika Bettoni tertangkap kamera terlihat seperti memberikan instruksi kepada Jese Rodriguez pada laga melawan Deportivo La Coruna, di Santiago Bernabeu, 9 Januari 2016. Ketika itu, Jese sedang bersiap masuk ke lapangan untuk menggantikan Gareth Bale.

Staf pelatih Real Madrid, David Bettoni, tertangkap kamera terlihat seperti memberikan instruksi kepada Jese Rodriguez, dalam pertandingan melawan Deportivo La Corunia, di Santiago Bernabeu, 9 Januari 2016. (El Mundo).

Menurut AS, langkah Bettoni tersebut telah menyalahi aturan UEFA. Menurut UEFA, setiap pelatih yang belum memiliki lisensi Pro UEFA tidak diizinkan berbicara atau memberikan instruksi kepada para pemain skuat utama saat sebuah pertandingan sedang berlangsung.

AS mengklaim, telah mendapatkan konfirmasi dari Komite Teknis Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengenai status lisensi kepelatihan Bettoni. Menurut RFEF, Bettoni, yang hanya memiliki lisensi A UEFA, sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan lisensi Pro, tetapi belum disahkan.

Berdasar data RFEF hingga per 15 Januari 2016, menurut AS, nama Bettoni belum tercatat sebagai asisten pelatih Madrid. Dengan begitu, Bettoni sejatinya memang dapat duduk di bangku cadangan, tetapi dia tidak diperbolehkan memberikan instruksi kepada Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Konfirmasi Madrid

Tak berselang lama setelah kemunculan pemberitaan tersebut, Madrid, melalui situs resminya, langsung memberikan konfirmasi. Menurut Madrid, Bettoni memang bukan asisten pelatih tim utama.

"Seperti saat Zinedine Zidane katakan pada jumpa pers, saat diperkenalkan sebagai pelatih utama pada 5 Januari, dia tidak memiliki asisten pelatih. David Bettoni merupakan bagian dari tim teknis skuat utama dan bertugas memberikan masukan kepada pelatih kepala," demikian pernyataan Madrid.

David Bettoni (dua dari kiri) terpampang sebagai Asisten Pelatih Real Madrid. Foto diambil dari situs resmi Real Madrid, 16 Januari 2016. (Real Madrid).

Dalam situs resmi Madrid per 16 Januari, foto Bettoni terpampang sebagai salah satu staf pelatih Madrid dengan keterangan "Asisten Pelatih" di bagian bawah. Foto pelatih berkepala plontos itu pun berada tepat di sisi kiri Zidane yang berstatus sebagai pelatih utama skuat Los Blancos.

Sebelum Bettoni, Madrid memang sering membuat masalah terkait proses administratif. Teranyar, Madrid dijatuhi sanksi larangan mendaftarkan pemain selama dua periode dan denda sebesar 300 ribu euro dari FIFA, Kamis (14/1/2016), setelah terbukti bersalah melanggar kebijakan FIFA terkait proses perekrutan dan pendaftaran pemain muda dari luar Spanyol.

Pada 4 Desember 2015, Madrid juga harus rela dicoret dari ajang Copa del Rey oleh RFEF setelah memainkan Denis Cheryshev saat menghadapi Cadiz, pada 32 besar Copa del Rey, di Stadion Ramen de Carranza. Pemain berusia 25 tahun itu dianggap ilegal karena sedang menjalani hukuman akumulasi kartu kuning pada periode tersebut.

Sumber: AS, El Mundo, Real Madrid

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer