Sukses


Cibiran Pedas Mourinho terhadap Peran Messi di Barcelona

Bola.com, Barcelona - Sosok Jose Mourinho kembali menuai kontroversi. Kali ini, sasaran komentar bernada sindiran tertuju kepada megabintang Barcelona, Lionel Messi. Menurut Mou, Sang Messiah terlalu dominan dan membuat kemenangan begitu mudah datang.

Menurutnya, hal itu justru menimbulkan sisi negatif yang bakal berimbas ke masa depan. Setidaknya, prilaku Messi yang sangat dominan, justru akan merugikan tim yang dibelanya, dan itu mengarah pada Barcelona.

Bagi Mou, dominasi La Pulga akan memberi efek negatif. Baginya, hal terpenting saat berada di lapangan hijau adalah permainan kolektif tim. Jika itu terjadi, tidak akan sulit andai sebuah tim tak memiliki Messi. Begitu juga dengan Barcelona, akan jauh lebih cepat bereaksi saat Messi harus absen, jika yang dikedepankan adalah unsur kolektivitas.

Mou sadar, Messi terlahir sebagai sosok pembeda dalam sebuah pertandingan. Secara individual, karakter pesepakbola berusia 28 tahun ini memudahkan siapapun pelatih yang menangani Barcelona.

Bersama Barcelona, Messi sudah meraih lima penghargaan sebagai Pemain Terbaik Dunia versi FIFA alias Ballon d'Or, menuai 26 trofi sepanjang karier di tim senior, termasuk empat titel juara Liga Champions.

Musim ini, meski sempat didera cedera, Messi tetap menunjukkan kelasnya. Ia membawa Barcelona ke fase perempatfinal Liga Champions. Ternyata Mou berpendapat lain, karena keutuhan tim adalah segala-galanya.

Mou mencontohkan, Messi sudah menuai kemenangan di Liga Champions bersama tiga pelatih yang berbeda. Penyebabnya tak lain kemudahan untuk merengkuh kemenangan karena faktor pria berpostur 170 cm ini.

"Saya seorang manajer, dan suatu saat mungkin berpikir individual jauh lebih penting dibanding tim. Tapi bagiku itu salah, karena sosok seperti Messi baru bisa muncul ketika sebuah tim sudah solid terlebih dulu," terang Mou.

Beberapa waktu lalu, Pelatiih Barcelona, Luis Enrique Martinez mengungkapkan, peran Messi di tim utama Los Azulgrana punya banyak sisi. Permainan individu yang seringkali menjadi tontonan dari Messi, ternyata bertujuan untuk memberikan nilai lebih pada permainan, serta menumbuhkan kepercayaan diri rekan-rekannya.

"Messi tak akan selamanya bermain seperti itu. Tapi saya pikir dia tetap masih yang terbaik sampai sekarang. Di sisi lain, saya sadar suatu saat Messi tak akan bermain seperti itu lagi. Barcelona sudah memiliki rencana tersendiri," beber Enrique.

Sumber: FourFourTwo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer