Sukses


Abidal: Guardiola Beruntung Raih Sukses di Barcelona

Bola.com, Barcelona - Mantan pemain Barcelona, Eric Abidal, menilai Pep Guardiola beruntung bisa langsung meraih enam gelar pada musim pertama berkarier di Camp Nou.

Guardiola melatih Barcelona menggantikan posisi Frank Rijkaard pada 2008. Empat musim melatih Lionel Messi dan kawan-kawan, pelatih asal Spanyol tersebut sukses mempersembahkan total 14 trofi, termasuk dua gelar Liga Champions pada musim 2008-09 dan 2011-12. 

Pada musim pertamanya, Guardiola langsung meraih enam gelar, antara lain trofi La Liga, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Pelatih berusia 45 tahun itu pun mendapat penghargaan Don Ballon Award atau pelatih terbaik Spanyol pada 2009. 

"Setiap pelatih memiliki rencana dan solusi taktik. Rijkaard melakukan tugasnya dengan baik di Barcelona, dia memenangi Liga Champions dan La Liga. Orang seharusnya tidak melupakan hal tersebut karena dua tim mampu memenangi treble semenjak itu," ungkap Abidal. 

"Guardiola tentu berbeda. Dia masih muda dan baru selesai mengakhiri karier sebagai pesepak bola. Dia memberikan Barcelona ide berbeda. Dia berkata, 'mainkan bola, beri umpan, beri umpan, sentuh bola, sentuh bola, jika sudah sampai depan gawang, buatlah perbedaan."

"Guardiola bekerja keras, tetapi dia juga sedikit beruntung bisa memenangi seluruh trofi pada musim pertamanya. Terkadang Anda memang harus sedikit mendapat keberuntungan. Tentu saja, saya pernah melihatnya marah. Setiap pelatih pernah mengalaminya," tutur Abidal. 

Pada akhir musim 2011-12, Guardiola memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak di Barcelona. Sempat absen melatih selama satu tahun, mantan pemain Blaugrana kemudian melanjutkan karier bersama Bayern Munchen pada 16 Januari 2013, menggantikan posisi Jupp Heynckes. 

Usai meraih lima gelar bersama skuat Die Roten, pada 1 Februari 2016, Manchester City secara resmi mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Guardiola. Mantan gelandang Brescia dan AS Roma tersebut menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun di Stadion Etihad. 

Sumber: Football Espana

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer