Sukses


Figo: Barcelona Seperti Real Madrid Musim 2003-04

Bola.com, Barcelona - Mantan pemain Barcelona, Luis Figo, menilai situasi skuat Barcelona di ajang La Liga 2015-16 tidak normal. Menurut dia, kondisi yang dialami Lionel Messi dan kawan-kawan pada musim ini mirip seperti situasi Real Madrid ketika dilatih Carlos Queiroz pada musim 2003-04. 

Barcelona tampil gemilang pada awal musim dan sempat memimpin jauh di puncak klasemen sementara. Namun, sejak Maret 2016, penampilan skuat asuhan Luis Enrique menurun drastis dan kini El Barca hanya beda selisih gol dari Atletico Madrid yang berada di posisi kedua. 

Teranyar, Barcelona secara mengejutkan takluk 1-2 dari Valencia, di Camp Nou, Minggu (17/4/2016). Itu adalah kekalahan ketiga beruntun mereka pada ajang La Liga setelah sebelumnya Barcelona pun takluk 0-1 dari Real Sociedad dan 1-2 dari Real Madrid, di Camp Nou. 

"Setiap tim berjalan dalam dinamika tertentu. Namun, menurut saya, apa yang terjadi dengan Barcelona sangat tidak normal. Kalah dalam beberapa pertandingan secara beruntun tidak logis, tetapi ketika Anda mengalami hal tersebut memang segala sesuatu berjalan sangat buruk," ujar Figo. 

"Ini masalah dinamika, tidak tergantung terhadap kualitas para pemain mereka yang tidak akan pernah habisnya untuk didiskusikan. Meski begitu, persaingan di La Liga selalu terbuka dan segala hal bisa terjadi. Anda harus mengurangi kesalahan sedikit pun," tutur pria asal Portugal ini. 

Madrid sempat mengalami situasi sama pada musim 2003-04. Skuat yang ketika itu dilatih Queiroz sempat memuncaki klasemen pada paruh musim. Namun, memasuki periode Maret-April, performa Los Blancos menurun drastis dan kalah dalam lima pertandingan final mereka. 

Alhasil, Madrid pun harus puas finis di peringkat keempat klasemen akhir. Setelah pencapaian buruk tersebut, Presiden Madrid, Florentino Perez, langsung memecat Queiroz pada 4 Mei 2004 dan menunjuk José Antonio Camacho sebagai caretaker pelatih asal Portugal tersebut. 

"Apa yang terjadi dengan Queiroz? Itu tidak dapat dijelaskan, jadi apa yang harus saya katakan? Ketika Anda tampil bagus sepanjang musim dan hasil laga selama sepekan terakhir berbeda. Ini adalah situasi dalam dunia olahraga dan hanya orang yang berkecimpung mengerti keadaan itu," kata Figo. 

Sumber: Football Espana

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer