Sukses


Enrique Tak Masalah Penguasaan Bola Barcelona Menurun

Bola.com, Leganes - Pelatih Barcelona, Luis Enrique, buka suara soal penerapan strategi baru ketika menghadapi Leganes pada laga La Liga pekan keempat, Sabtu (17/9/2016) malam WIB. Enrique mengaku tak masalah jika penguasaan bola milik timnya menurun.

Seperti diketahui, Barcelona menggunakan formasi 3-4-3 dalam laga yang berlangsung di Estadio Municipal de Butarque itu. Penggunaan formasi itu terasa janggal karena biasanya Los Cules selalu mengandalkan skema 4-3-3.

Pada laga tersebut, Enrique menjadikan Javier Mascherano, Gerard Pique, dan Samuel Umtiti menjadi tiga pemain belakang. Sedangkan Rafinha dan Jordi Alba dijadikan pemain sayap yang menemani Andres Iniesta dan Ivan Rakitic di lini tengah.

Untuk lini depan, Trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar) tak tergantikan. Dalam penerapan formasi anyar itu, sesekali terlihat memang para pemain Barcelona agak canggung. 

Meski begitu, Barcelona nyatanya tetap berhasil meraih kemenangan dengan skor telak yakni 5-1 atas klub promosi tersebut.

Gol kemenangan klub asal Catalan dibukukan oleh Lionel Messi (15' dan 55' penalti), Luis Suarez (31'), Neymar (44'), dan Rafinha (64'). Sementara itu, gol hiburan Leganes dibukukan oleh Gabriel pada menit ke-80.

"Ketika kami menguasai bola, kami sering bermain dengan tiga pemain sejajar. Apa yang terjadi hari ini adalah kami menerapkan tiga bek tengah. Tergantung dari mana tekanan berasal, kami akan bergerak," kata Enrique.

"Strategi ini bukan hal yang aneh. Perbedaannya adalah hari ini pergerakannya berada lebih jauh di depan depan dan tidak berada di antara para bek tengah. Kami tetap ingin lebih banyak mengusai bola dibanding lawan dan menyisir ruang. Masih ada hal yang bisa dikembangkan memang, tetapi sejauh ini saya tetap tenang," ujar Enrique.

Lebih lanjut, Enrique tak menyangkal jika strategi yang dimainkannya itu memiliki risiko. Namun, mengacu pada hasilnya, Enrique tak khawatir dan tak peduli jika penguasaan bola yang biasanya dilakukan timnya kini menurun.

"Secara umum, strategi itu berjalan dengan baik. Memang, strategi ini punya resiko, tetapi saya suka di mana para pemain melakukannya dengan baik," ujar Enrique.

Kemenangan tersebut membuat Barcelona naik ke puncak klasemen dengan raihan 12 poin. Namun, posisi tersebut masih bisa berubah tergantung dari hasil yang diraih Real Madrid ketika menghadapi Espanyol, Minggu (18/9/2016) atau Senin dini hari WIB.

Sumber: Football Espana

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer