5 Partai Penanda Cristiano Ronaldo Tak Lagi Tajam

Oleh Aditya Wicaksono pada 23 Nov 2016, 20:20 WIB
Diperbarui 23 Nov 2016, 20:20 WIB

Bola.com, Madrid - Kemampuan Cristiano Ronaldo dalam urusan mencetak gol sudah tidak perlu diragukan lagi. Kapten tim nasional Portugal ini selalu sukses menyumbang di atas 50 gol pada enam musim terakhir menjadi pemain Real Madrid.

Namun performa sang pemain mulai menurun setelah memasuki musim kedelapan bersama Los Blancos. Usai mengantarkan Portugal menjuarai Piala Eropa 2016, Ronaldo mengalami penurunan performa dan produktivitas gol.

Cedera yang didapat saat laga final Piala Eropa awalnya ditengarai menjadi faktor utama menurunnya performa Ronaldo. Namun setelah musim berjalan, penampilan sang pemain tidak kunjung membaik.

Ronaldo sudah tampil dalam sembilan pertandingan La Liga musim ini. Dari sembilan laga tersebut, ia sudah menyumbang delapan gol. Tetapi delapan gol tersebut ia hasilkan dari empat pertandingan, sedangkan lima pertandingan lainnya ia lewati tanpa gol.

Pada pertandingan Matchday 5 Liga Champions menghadapi mantan klubnya, Sporting CP, Ronaldo mempunyai harapan tinggi bisa membuat gol. Tampil sepanjang pertandingan, Ronaldo gagal mencatatkan namanya di  papan skor meskipun El Real menuai kemenangan dengan skor 2-1.

Inkonsistensi penampilan yang dialami Ronaldo bisa menjadi tanda-tanda awal kemunduran karier sang megabintang. Ronaldo wajib mulai mengkhawatirkan performanya dan berusaha keras mengembalikan ketajaman di depan gawang untuk mempertahankan status pemain terbaik dunia.

Berikut Pertandingan La Liga yang dilewati Ronaldo tanpa mencetak gol:

1


Real Madrid 1-1 Villarreal (21/9/2016)
Real Madrid menjamu Villarreal pada jornada kelima La Liga. Cristiano Ronaldo kembali tampil untuk El Real usai absen pada laga sebelumnya karena mengalami gangguan kesehatan. Pertandingan ini menjadi penampilan kedua Ronaldo pada La Liga musim 2016-17.

Villarreal mampu unggul terlebih dahulu pada babak pertama melalui penalti Bruno Soriano setelah handball yang dilakukan Sergio Ramos. Namun Ramos membayar kesalahannya dengan mencetak gol penyeimbang pada babak kedua. Ronaldo yang tampil selama 90 menit hanya mampu menghasilkan satu peluang pada laga ini. Laga pun berakhir imbang tanpa pemenang.

2

Las Palmas 2-2 Real Madrid (24/9/2016)
Pada jornada keenam La Liga, El Real menjalani laga tandang ke markas Las Palmas. CR7 kembali masuk dalam starting lineup bersama Alvaro Morata dan Gareth Bale. Laga berlangsung ketat dan Las Palmas mampu mengimbangi permainan Real Madrid.

Ronaldo ditarik keluar pada menit ke-72 ketika Los Blancos sedang unggul 2-1. Sepanjang penampilan, Ronaldo hanya menghasilkan satu peluang. Laga berakhir imbang dengan skor 2-2 setelah Sergio Araujo membobol gawang Kiko Casilla.

3

Real Madrid 1-1 Eibar (2/10/2016)
Real Madrid menjalani laga di Santiago Bernabeu pada pekan ketujuh La Liga dengan menghadapi Eibar. Ronaldo kembali dipercaya masuk dalam starting lineup setelah tidak menyumbang gol pada dua laga sebelumnya.

Eibar membuat kejutan ketika mampu unggul lebih dahulu saat laga baru berjalan enam menit. Namun Gareth Bale sukses menyamakan kedudukan untuk El Real pada menit ke-18. Skor imbang 1-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Ronaldo kembali gagal mencatatkan namanya untuk kali ketiga secara beruntun meskipun mampu membuat tiga peluang.

4

Real Madrid 2-1 Athletic Bilbao (23/10/2016)
Real Madrid menjamu Athletic Bilbao pada jornada kesembilan La Liga. Pada pekan kedelapan, Ronaldo sukses memutus rekor buruknya dengan mencetak satu gol ketika Los Blancos melumat Real Betis dengan skor 6-1.

CR7 berharap dapat melanjutkan catatan positifnya pada laga ini. Namun kenyataannya, ia kembali gagal mencetak gol meskipun Real Madrid memenangi laga dengan skor 2-1. Ronaldo sama sekali tidak menghasilkan gol pada laga ini.

5

Real Madrid 3-0 Leganes (6/11/2016)
Real Madrid kembali menjalani laga di Santiago Bernabeu pada jornada kesebelas La Liga. Kali ini, skuat besutan Zinedine Zidane menjajal kekuatan Leganes. Ronaldo yang pada laga melawan Alaves membukukan hattrick, berharap dapat meneruskan catatan golnya.

Laga berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan El Real. Namun tidak satu gol pun dicetak Ronaldo. Kapten Portugal tersebut menunjukkan performa yang tidak maksimal dan hanya menghasilkan satu peluang sepanjang laga.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini