Sukses


5 Alasan Real Madrid Wajib Raih Trofi Piala Dunia Antarklub 2016

Bola.com — Real Madrid akan menghadapi Kashima Antlers pada partai final Piala Dunia Antarklub 2016, di Yokohama International Stadium, Minggu (18/12/2016). Bagi Real Madrid, pertandingan ini bukan hanya sekadar target meraih trofi semata. 

Real Madrid melangkah ke partai final setelah menyingkirkan Club America pada semifinal, 15 Desember lalu. Real Madrid menang 2-0 berkat gol Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo. 

Sementara itu, perjalanan Kashima Antlers sedikit lebih panjang. Mengawali laga dari babak playoff, Kashima Antlers mampu mencapai ke pertandingan puncak setelah mengalahkan wakil Kolombia, Atletico Nacional, pada babak empat besar, 14 Desember lalu. 

Di atas kertas, Real Madrid memang lebih diunggulkan ketimbang Kashima Antlers. Andai mampu meraih trofi di Jepang, Real Madrid pun akan mencatatkan sejumlah pencapaian istimewa, sekaligus melengkapi dominasi mereka sepanjang 2016 dalam persepakbolaan dunia. 

Berikut ini adalah lima alasan mengapa Real Madrid wajib memenangi Piala Dunia Antarklub: 

1. Treble gelar internasional

Real Madrid tampil sebagai juara Liga Champions 2015/2016 di Stadion San Siro, Milan, Minggu (29/5/2016). Madrid pun sukses meraih gelar juara ke-11 mereka di turnamen ini; 'La Undecima',demikian mereka melabelinya. (Reuters/ Kai Pfaffenbach).

Real Madrid akan menutup 2016 dengan gelar internasional ketiga jika mampu mengalahkan Kashima Antlers. Sebelumnya, Real Madrid mampu mencatatkan diri sebagai kampiun Liga Champions setelah menekuk Atletico Madrid, dan Piala Super Eropa setelah menghajar Sevilla. 

Pada musim 2016-2017, Real Madrid pun masih berpeluang meneruskan kesuksesannya tersebut. Di ajang La Liga, Real Madrid masih kukuh di puncak klasemen sementara, sedangkan mereka juga masih ikut serta dalam turnamen Copa del Rey. Demikian halnya di ajang Liga Champions. 

2 dari 3 halaman

Status dan Rekor Capello

2. Lengkapi status juara

Real Madrid berstatus sebagai juara Eropa setelah meraih gelar Liga Champions 2015-2016. Status itu pun akan semakin istimewa jika mereka mampu menyandingkan gelar tersebut dengan trofi Piala Dunia Antarklub 2016.

Jika mampu menang atas Kashima Antlers, Real Madrid juga akan menambah koleksi trofi Piala Dunia Antarklub-nya menjadi lima. Pertandingan nanti juga akan menjadi partai final ketujuh Real Madrid--mereka dua kali kalah dari Penarol pada 1996 dan Boca Juniors pada 2000.

3. Rekor Fabio Capello

David Beckham (kanan) pernah disingkirkan pelatih Real Madrid saat itu, Fabio Capello, pada musim 2006-2007. (AFP/Pierre-Philippe Marcou).

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, akan memiliki misi khusus saat menghadapi Kashima Antlers. Misi tersebut adalah mengalahkan rekor mantan pelatih El Real, Fabio Capello, yang sukses mengantarkan Los Blancos tidak terkalahkan dalam 25 laga beruntun.

Zinedine Zidane sudah menyamai rekor tersebut setelah Real Madrid mengalahkan Club America (18 kemenangan, tujuh imbang). Andai kembali mampu mencatatkan kemenangan, Zinedine Zidane pun akan sukses mengalahkan rekor Fabio Capello karena sudah mencapai angka 26 tanpa kalah.

3 dari 3 halaman

Zidane dan Hadiah Uang

4. Gelar Zinedine Zidane

Zinedine Zidane berkesempatan menjadi orang keempat yang sukses meraih trofi Piala Dunia Antarklub/Intercontinental Cup sebagai pemain dan pelatih. Pada 2000, Zinedine Zidane berada dalam skuat Real Madrid saat mereka sukses meraih trofi tersebut setelah mengalahkan Olimpia.

Adapun tiga sosok yang lebih dulu mencatatkan namanya mampu meraih trofi Piala Dunia Antarklub/Intercontinental Cup sebagai pemain dan pelatih, antara lain Luis Cublia (Olimpia), Juan Mujica (Nacional), dan Carlo Ancelotti (AC Milan dan Real Madrid).

5. Hadiah Uang

Real Madrid saat menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2014. (AFP/Javier Soriano).

Selain masalah olahraga, pemenang Piala Dunia Antarklub juga akan mendapat keuntungan besar dalam segi ekonomi. Setiap klub yang keluar sebagai juara akan mendapat hadiah uang sebesar 4.784.025 euro atau sekitar Rp 66 miliar.

Real Madrid pun jelas akan sangat diuntungkan karena mereka hanya menjalani dua pertandingan saja, karena juara Liga Champions mendapat hak istimewa langsung lolos ke semifinal.

Sumber: AS

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer