Bintang Real Madrid Kembali Tersandung Kasus Pajak

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 04 Okt 2017, 08:10 WIB
Diperbarui 04 Okt 2017, 08:10 WIB
Liga Champions, Real Madrid, Pemain Terbaik
Marcelo diduga telah melakukan penggelapan pajak. (AP/Dave Thompson)

Bola.com, Madrid - Bek Real Madrid, Marcelo, diberitakan AS dan Marca, Selasa (3/10/2017), tersandung kasus penggelapan pajak dan harus berurusan dengan Otoritas Pajak Spanyol (AEAT).

AEAT melakukan penyelidikan terhadap Marcelo terkait kemungkinan penggelapan pajak hak cipta senilai 400.000 euro (Rp 6,34 miliar) pada 2013. AEAT balik menginvestigasi karena ragu dengan deklarasi pajak yang dilakukan bek Brasil itu pada 2015.

Dalam deklarasinya, Marcelo mengklaim telah membayarkan uangnya sebagai bentuk pajak korporasi. Namun, pihak berwenang menganggap sang pemain seharusnya mengeluarkan koceknya sebagai bentuk pajak penghasilan pribadi.

AEAT lantas menganggap Marcelo melakukan penggelapan pajak melebihi 120.000 euro (Rp 1,92 miliar). Menurut pemberitaan media-media Spanyol, itu merupakan jumlah minimal adanya dugaan penyelewengan pajak.

Saat ini kasus Marcelo telah dilimpahkan ke kantor penyelidik kejahatan keuangan Spanyol. Mereka pun akan memutuskan apakah sang pemain memiliki niat menipu otoritas pajak.

Marcelo bukanlah pemain pertama Real Madrid yang terlibat masalah pajak. Sebelumnya, Cristiano Ronaldo sempat mengalami kasus serupa karena dituding menggelapkan pajak komersial sebesar 14 juta euro (Rp 219,97 miliar).

Sumber: AS, Marca

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini