Sukses


La Liga Resmi Gunakan Teknologi VAR Musim Depan

Bola.com, Madrid - La Liga resmi menggunakan teknologi video assistant referee (VAR) dalam seluruh pertandingan pada musim depan. Hal itu telah dikonfirmasi oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Sebelumnya, Presiden La Liga, Javier, Tebas, pada Selasa (14/11/2017), memberi sinyal kuat bahwa penggunaan teknologi VAR akan mulai diterapkan mulai musim 2019-2020.

"Ketua Komite Wasit, Victoriano Sanchez Arminio, telah memberitahukan kepada semua wasit dan asisten wasit di Primera Division bahwa musim depan teknologi VAR akan diimplementasikan di kompetisi," bunyi pernyataan dari RFEF.

"Dia juga mengumumkan uji coba yang diminta IFAB untuk penggunaan VAR akan dilakukan secepatnya."

Saat ini, teknologi VAR baru digunakan di beberapa liga papan atas Eropa, seperti Bundesliga Jerman dan Serie A Italia. Setelah La Liga akan menggunakan VAR pada musim depan, maka hanya Premier League yang belum memutuskan penggunaan teknologi tersebut.

VAR merupakan video rekaman kejadian dalam sebuah pertandingan. Nantinya, wasit yang sedang bertugas bisa menjadikan VAR sebagai alat pengambil keputusan dalam sebuah pertandingan.

Namun, berbagai pihak menilai, VAR akan menghilangkan sisa humanis dari wasit. Selain itu, VAR bisa membuat pertandingan berlangsung lebih lama karena wasit membutuhkan waktu untuk mengambil keputusan.

Sumber: Soccerway, RFEF

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer