Sukses


El Clasico: Rivalitas Panas Cristiano Ronaldo - Lionel Messi

Bola.com, Madrid - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan dua pemain yang kerap bersaing meraih prestasi individu. Klub tempat kedua pemain itu bermain, yakni Real Madrid dan Barcelona, juga memiliki rivalitas panas.

Persaingan sengit kedua pemain itu telah terjadi sejak lama. Namun, persaingan semakin memanas saat Cristiano Ronaldo memutuskan bergabung dengan Real Madrid pada 2009.

Laga demi laga pernah dijalani keduanya secara bersama-sama di lapangan. Kadang, Real Madrid menjadi pemenang dan tidak jarang pula Barcelona keluar sebagai yang terbaik.

Kini, laga bertajuk El Clasico memasuki pertandingan ke-236. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi akan kembali menjadi perbincangan hangat jelang pertandingan itu berlangsung.

Lantas, bagaimana cerita kedua pemain tersebut saat melakoni laga El Clasico. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memiliki cerita berbeda yang menarik untuk disimak.

Berikut ini adalah catatan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saat menjalani laga El Clasico:

 

2 dari 4 halaman

Gol

Tidak terbantahkan bahwa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan para pencetak gol ulung. Lionel Messi bahkan tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah El Clasico dengan torehan 24 gol.

Pemain asal Argentina itu mencetak 24 gol dalam 36 pertandingan El Clasico. Sementara itu, Cristiano Ronaldo tentu melakoni laga prestisius itu lebih sedikit karena baru datang ke Spanyol pada 2009.

Namun, CR7 sudah mampu melesakkan 17 gol dari 28 pertandingan El Clasico. Kini, Cristiano Ronaldo sedang mengincar rekor Alfredo Di Stefano sebagai pencetak gol terbanyak Real Madrid saat El Clasico dengan torehan 18 gol.

 

 

3 dari 4 halaman

Kemenangan

Lionel Messi diketahui telah melakoni 36 pertandingan El Clasico sejak musim 2004-2005. Dari jumlah tersebut, Lionel Messi membawa Barcelona menang sebanyak 16 kali, delapan kali seri, dan 12 kali kalah.

Adapun Cristiano Ronaldo sudah melakoni 28 pertandingan El Clasico. Peraih gelar Ballon d'Or 2017 itu merasakan delapan kemenangan, tujuh kali imbang, dan 13 kali kalah.

 

4 dari 4 halaman

Kontribusi

Selama beberapa tahun terakhir, rivalitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih terus panas. Saat Real Madrid dan Barcelona bertemu, kedua pemain itu menjadi sosok sentral dalam pertandingan.

Dari empat laga terakhir, Lionel Messi mampu mencetak tiga gol ke gawang Real Madrid. Namun, La Pulga tidak sekalipun mencatat assist dalam enam laga pamungkas El Clasico.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo mencetak dua gol dari empat laga terakhir kontra Barcelona. Kontribusi penting Cristiano Ronaldo terjadi saat mencetak gol ketika timnnya menang 3-1 atas Barcelona pada Piala Super Spanyol di Camp Nou pada Agustus lalu.

Sumber: Soccerway

Video Populer

Foto Populer