Rapuhnya Lini Belakang Real Madrid di La Liga

Oleh Rizki Hidayat pada 20 Mar 2018, 18:18 WIB
Diperbarui 20 Mar 2018, 18:18 WIB
Real Madrid, Eibar, Cristiano Ronaldo
Bek Eibar, Ramis, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Madrids pada laga La Liga di Stadion Ipurua, Sabtu (10/3/2018). Eibar takluk 1-2 dari Real Madrid. (AP/Alvaro Barrientos)

Bola.com, Madrid - Lini belakang Real Madrid menjadi sorotan pada musim ini. Sebab, Los Blancos telah kebobolan 33 gol dari 29 pertandingan di La Liga Spanyol 2017-2018.

Teranyar, El Real kebobolan tiga gol meski menang 6-3 atas Girona pada laga pekan ke-29 La Liga, di Santiago Bernabeu, Minggu (18/3/2018). Christian Stuani (29', 67'), dan Juanpe (88') bergantian membobol gawang Los Blancos yang dikawal Keylor Navas.

Uniknya, ketiga pemain tersebut menjaringkan bola ke dalam gawang Madrid dengan sundulan dari situasi bola mati. Hal tersebut membuat Real Madrid menjadi klub pertama yang kebobolan tiga gol lewat sundulan di La Liga musim ini.

Cordoba adalah klub terakhir yang kemasukan tiga gol lewat sundulan di La Liga 2014-2015. Saat itu, Cordoba menyerah delapan gol tanpa balas dari Barcelona di Estadio Nuevo Arcangel, 2 Mei 2015.

Dengan kebobolan 33 gol, Real Madrid menjadi klub di posisi empat besar klasemen La Liga yang paling banyak kemasukan. Jumlah tersebut terpaut jauh dari Barcelona yang kebobolan 13 gol, Atletico Madrid dengan 14 gol, hingga Valencia dengan 31 gol.

 

2 dari 2 halaman

Real Madrid Jarang Ukir Clean Sheet

Seperti dilansir Marca, dari 33 gol yang bersarang ke gawang Madrid, 15 di antaranya berasal dari tembakan kaki kanan, tujuh dari kaki kiri, 10 sundulan, dan satu gol bunuh diri. Dari 33 gol tersebut, 10 gol tercipta dari situasi bola mati.

Selain itu, Real Madrid juga kesulitan mempertahankan gawangnya dari kebobolan. Sebab, Madrid hanya mencatatkan delapan clean sheet dari 29 laga yang telah dijalani di La Liga.

Jumlah tersebut kalah jauh dibandingkan dengan Barcelona dan Atletico Madrid. Sejauh ini, Barca dan Atletico mampu mengukir 18 clean sheet.

Rapuhnya sektor pertahanan Real Madrid pada musim ini tak lepas dari badai cedera yang dialami sejumlah pemain. Berdasarkan data di Transfermarkt, Sergio Ramos tiga kali dihantam cedera dan menepi selama 35 hari.

Sementara itu, Raphael Varane tiga kali mengalami cedera dan absen selama 32 hari, Marcelo absen selama 21 hari akibat dua kali dibekap cedera, Dani Carvajal mengalami masalah pada jantungnya dan absen selama 48 hari, dan Keylor Navas yang absen membela Real Madrid selama 39 hari karena dua kali mengalami cedera.

Sumber: Marca, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓
Video Prediksi Liga Champions