3 Faktor Barcelona Bakal Terjungkal di Markas Sevilla

Oleh Bogi Triyadi pada 30 Mar 2018, 08:29 WIB
Menang Atas Athletic Bilbao, Barcelona Kokoh di Puncak Klasmen

Jakarta Barcelona tampil luar biasa sejauh musim ini. Mereka belum terkalahkan dalam 29 laga di La Liga Spanyol. Hasilnya, puncak klasemen sementara mereka duduki dengan 75 poin.

Tetapi, catatan mulus Barcelona itu bisa ternoda saat menghadapi Sevilla. Pada pertemuan pertama musim ini di Camp Nou, Barcelona menang 2-1 lewat dua gol Paco Alcacer. Sementara Sevilla hanya mampu membalas lewat Guido Pizarro.

Bermain di kandang Sevilla tentu kondisinya akan berbeda. Apalagi, tim racikan Vincenzo Montella baru saja menyingkirkan Manchester United (MU) di perdelapan final Liga Champions.

Tapi, Sevilla menelan kekalahan 1-2 sebelum jeda internasional. Sedangkan Barcelona mengalahkan Athletico Bilbao dua gol tanpa balas.

Namun berdasarkan catatan itu, Sevilla justru diprediksi bisa mengalahkan Barcelona pada akhir pekan ini. Berikut 3 alasan mengapa Sevilla bisa menjungkalkan Barcelona seperti dikutip dari Sportskeeda:

2 of 4

3. 3 Pilar Absen

Lionel Messi Absen Saat Spanyol Lawan Argentina
Kapten timnas Argentina, Lionel Messi dan rekan timnya, Manuel Lanzini menyaksikan laga persahabatan melawan timnas Spanyol di Stadion Wanda Metropolitano, Selasa (27/3). Tanpa sang megabintang, Argentina harus takluk 1-6 dari Spanyol. (AP/Francisco Seco)

Barcelona kemungkinan tiga akan diperkuat tiga pilarnya saat menghadapi Sevilla. Gelandang Sergio Busquets dipastikan tidak akan main karena cedera.

Sementara itu, Lionel Messi dan kiper Marc-Andre ter Stegen mengalami masalah kebugaran. Messi bahkan tidak bermain saat Timnas Argentina menang atas Italia 2-0 dan kalah 1-6 dari Spanyol. Ia mengalami cedera hamstring.

Sedangkan Ter Stegen diistirahatkan saat Jerman kalah 0-1 dari Brasil. Ia bisa melewatkan laga kontra Sevilla karena masalah lutut.

Ketiga pemain ini telah memainkan peran utama untuk Barcelona musim ini. Barcelona memiliki rekor pertahanan terbaik di Eropa musim ini, berkat beberapa penyelamatan menakjubkan Ter Stegen. Tanpa tiga pemain ini, Barcelona mungkin merasa sulit untuk mengalahkan Sevilla.

3 of 4

2. Banyak Pemain Ikut Jeda Internasional

Spanyol-Argentina
Gelandang Spanyol, Andres Iniesta berusaha mengiring bola saat latihan di stadion Wanda Metropolitano di Madrid, (26/3). Spanyol akan bertanding melawan Argentina pada laga persahabatan internasional pada Rabu (28/3) dini hari. (AP Photo / Francisco Seco)

Banyak pelatih yang tak suka pemainnya bermain di jeda internasional untuk tim nasionalnya saat jadwal tengah padat. Tapi, hal itu tidak bisa dihindari.

Piala Dunia 2018 yang hanya beberapa bulan lagi berlangsung di Rusia membuat negara-negara peserta tentu berusaha untuk mempersiapkan skuatnya dengan baik. Karena itu, mereka memainkan para pemain terbaiknya dalam laga persahabatan.

Hal ini tentu berdampak kurang baik Barcelona yang akan menghadapi Sevilla. Sebab, sebagian besar pemain bintang mereka bermain lebih dari 120 menit dalam beberapa hari terakhir. Andres Iniesta, Luis Suarez, Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, Gerard Pique, Jordi Alba, dan Samuel Umtiti semuanya terlibat.

Sedangkan Sevilla patut bersyukur. Sebab, hanya Simon Kjaer dan Ever Banega yang bermain sekitar 120 menit. Sementara Wissam Ben Yedder hanya menjadi cameo singkat untuk Prancis.

4 of 4

1. Rekor Tandang

Babak 8 Besar Liga Champions, Liga Champions
Barcelona akan bersua AS Roma pada babak perempat final Liga Champions berdasarkan hasil undian UEFA di Nyon, Swiss, Jumat (16/3/2018). (AFP/Josep Lago)

Barcelona memang belum terkalahkan sejauh musim ini di Liga Spanyol dan Liga Champions. Kendati demikian, catatan laga tandang Lionel Messi dan kolega kurang mengesankan. Dari delapan laga kandang, semuanya berakhir imbang.

Kekalahan yang dialami Barcelona terjadi saat menghadapi Real Madrid di Piala Super Spanyol. Selain itu, mereka juga kalah dari Espanyol di ajang Copa del Rey.

Barcelona sebenarnya nyaris menelan kekalahan lagi. Namun, mereka diselamatkan oleh kecemerlangan individual pemainnya.

Luis Suarez menyelamatkan Barcelona dari kekalahan melawan Atletico Madrid di Wanda Metropolitano. Sementara Jordi Alba menyelamatkan mereka melawan Valencia dengan gol penyeimbang pada menit ke-82.

Begitu juga dengan Gerard Pique yang menyelamatkan Barcelona dari kekalahan saat melawan Espanyol lewat golnya.

Sumber: www.liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓