4 Hal Menarik dari Cristiano Ronaldo Selain Gol Salto

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 04 Apr 2018, 21:45 WIB
Diperbarui 06 Apr 2018, 21:17 WIB
Cristiano Ronaldo

Madrid - Cristiano Ronaldo tak pernah berhenti membuat sensasi. Dia membuat publik berdecak kagum usai mencetak dua gol saat Real Madrid kalahkan Juventus pada leg pertama perempat final Liga Champions.

Ronaldo membawa Real Madrid menang 3-0 atas Juventus. Pemain asal Portugal itu mampu mencetak dua gol dan menyumbang satu assist.

Dia menjadi buah bibir atas gol kedua yang dicetaknya. Ronaldo mencetak gol dengan cara bicyle kick.

Untuk melakukan tendangan salto tersebut, Ronaldo harus melakukan lompatan setinggi 2,30 meter. Sepakannya membuat Gianluigi Buffon tak berkutik.

Selain gol saltonya, ada empat hal menarik lainnya dari seorang Ronaldo. Simak di halaman selanjutnya.

2 of 5

Hampir Diaborsi

Dolores Aveiro
Cristiano Ronaldo dan ibunya Dolores Aveiro (USA Today)

Pada 2014, Dolores, ibu Ronaldo, membuat sebuah pengakuan yang mengejutkan. Dia hampir saja melakukan aboris saat mengandung Ronaldo.

Tuntutan ekonomi membuat Dolores berniat menggugurkan kandungannya itu. Maklum, Dolores hanya seorang tukang masak, sedangkan suaminya, Jose Dinis Averiro hanya seorang tukang kebun.

Dolores banyak minum bir dan bekerja berat demi menggugurkan janinnya, yang tak lain adalah Ronaldo. "Saya ingin melakukan aborsi, tapi dokter tidak mendukung," kata Dolores.

Ternyata usaha Dolores Aveiro untuk menggugurkan kandungan gagal. Pada 5 Februari 1985 di Santo Antonio, lahirlah bayi laki-laki yang diberi nama Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, yang kemudian bertumbuh menjadi seorang pesohor dunia di ajang sepak bola.

3 of 5

Punya Jiwa Sosial Tinggi

Kisah Cristiano Ronaldo Saat Donor Darah Pertama Kali
Bagi Cristiano Ronaldo, hidup sehat bukan sekadar makan sehat dan olahraga. Sebab donor darah rutin telah menjadi bagian dari hidupnya.

Berbeda dengan pemain sepak bola lainnya yang gemar mengoleksi tato di tubuhnya, Ronaldo malah enggan merajah tubuhnya dengan tato. Dia punya alasan sosial tak mau mentato tubuhnya.

Alasan mengapa Ronaldo ogah merajah tubuhnya dengan tato pun cukup simpatik. Dia mengabaikan tato demi bisa terus mendonorkan darahnya kepada yang membutuhkan.

"Saya tidak punya tato karena sering mendonorkan darah," kata Ronaldo kepada Diretta News.

Beberapa waktu lalu, Ronaldo baru saja mendonorkan darahnya di acara sosial. Dia akan melakukan hal itu dalam waktu empat bulan ke depan.

4 of 5

Penggemar Olah Otot

cristiano ronaldo
Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, memamerkan ototnya. (dok. Instagram)

Sejak remaja, Ronaldo memang sudah peduli dengan kebugaran tubuhnya. Dia juga rutin berlatih di gym untuk membuat otot-ototnya di tubuhnya semakin tampak.

Ronaldo bahkan pernah sukses menurunkan berat badannya mencapai 23,055 kg dalam sebuah rangkaian latihan di gym. Dia juga rutin melakukan sit-up mencapai ratusan kali setiap pagi.

Saat ini, dikabarkan kandungan lemak di dalam tubuh Ronaldo hanya 10 persen. Jumlah ini lebih baik dibanding standar peragawan-peragawan di atas catwalk yang mensyaratkan lemak di tubuh mereka hanya 13,8 persen lemak.

Kini, dengan tubuh yang dipenuhi otot-otot yang kuat Ronaldo tampak begitu kekar. Sulit bagi pemain lawan untuk menjatuhkannya saat berduel satu lawan satu.

5 of 5

Masalah Jantung

Lionel Messi dan Para Raja Nutmeg di Lapangan Hijau
Cristiano Ronaldo. (AFP/Ander Gillenea)

Tidak banyak yang tahu, Ronaldo remaja sempat memiliki masalah jantung. Masalah jantung tersebut baru diketahui saat Ronaldo menginjak usia 15 tahun.

Dokter sempat mendiagnonis masalah jantung yang dialami Ronaldo akan memengaruhi kariernya sebagai pesepak bola. Atas saran beberapa pihak, Ronaldo lalu menjalani operasi dengan bedah laser.

Operasi ini berjalan lancar dan sukses menyembuhkan masalah jantung yang dialaminya. Kini, jantung Ronaldo bisa berfungsi seperti orang-orang normal kebanyakan.

Lanjutkan Membaca ↓