3 Alasan yang Dukung Barcelona Juara Liga Champions Musim Ini

Oleh Ary Wibowo pada 10 Apr 2018, 22:31 WIB
Diperbarui 10 Apr 2018, 22:31 WIB
Barcelona
Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Bola.com — Barcelona berpeluang besar lolos ke semifinal Liga Champions saat menghadapi AS Roma pada pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions, di Stadion Olimpico, Rabu (11/4/2018). Mampukah La Blaugrana meneruskan tren positif hingga menjadi juara?

Barcelona menang 4-1 pada pertandingan leg pertama perempat final melawan AS Roma. Hasil ini membuat Lionel Messi dan kawan-kawan hanya membutuhkan hasil imbang untuk melangkah ke babak empat besar.

Peluang Barcelona berbicara banyak di Liga Champions ini memang terbilang sangat besar. Beberapa fakta performa skuat asuhan Ernesto Valverde tersebut sangat baik sejauh ini, baik di liga domestik ataupun Eropa.

Akan tetapi, tentu saja, target Barcelona menjuarai turnamen tersebut tidak semudah membalikkan tangan. Sebab, beberapa tim unggulan lainnya juga memiliki target sama, misalnya Real Madrid dan Liverpool yang tampil impresif pada musim ini.

Berikut ini adalah lima alasan yang bisa membuat Barcelona meraih gelar Liga Champions musim ini:

 

2 dari 4 halaman

Belum terkalahkan

Barcelona, Lionel Messi, La Liga
Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak oleh Lionel Messi ke gawang Leganes pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (7/4/2018). Barcelona menang 3-1 atas Leganes. (AP/Manu Fernandez)

Saat ini, Barcelona menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di liga domestik top Eropa. Hal tersebut pun membuat kepercayaan diri Lionel Messi dan kawan-kawan tentunya akan semakin besar di ajang Liga Champions.

Sebenarnya, ada klub yang lain yang awalnya sempat diperkirakan bakal mengikuti jejak Barcelona, yakni Manchester City. Namun, skuat asuhan Pep Guardiola tersebut menuai hasil buruk dalam beberapa pertandingan terakhir di Liga Champions.

Oleh karenanya, performa impresif ini bisa menjadi modal bagus bagi skuat Ernesto Valverde berbicara banyak di ajang Liga Champions musim ini.

Catatan penampilan Barcelona di liga: Main (31), Menang (24), Imbang (7), Kalah (0)

Catatan penampilan Barcelona di Liga Champions: Main (9), Menang (6), Imbang (3), Kalah (0)

3 dari 4 halaman

Lionel Messi

Barcelona, Lionel Messi, La Liga
Striker Barcelona, Lionel Messi, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Leganes pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (7/4/2018). Barcelona menang 3-1 atas Leganes. (AP/Manu Fernandez)

Faktor lain yang bisa membuat Barcelona menjadi juara Liga Champions musim ini tentu ada dalam diri Lionel Messi. Penampilan bintang Argentina tersebut sejauh ini sangat luar biasa, khususnya di ajang Liga Champions.

Pada musim ini, Lionel Messi telah mengemas 39 gol dan 16 assist dari total 46 pertandingan di berbagai ajang. Di Liga Champions, Messi mengoleksi enam gol dan dua assist dari sembilan laga.

4 dari 4 halaman

Calon lawan

Barcelona, Lionel Messi, La Liga
Striker Barcelona, Luis Suarez, saat pertandingan melawan Leganes pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (7/4/2018). Barcelona menang 3-1 atas Leganes. (AP/Manu Fernandez)

Barcelona tentu akan “berterima kasih” kepada Real Madrid, yang telah menyingkirkan PSG dan hampir membuat Juventus angkat koper dari ajang Liga Champions musim ini. Ini membuat saingan Barcelona pada babak penentuan akan berkurang.

Apalagi, Manchester United juga telah tersingkir setelah dikalahkan Sevilla. Demikian halnya Manchester City yang terancam gagal melangkah ke semifinal lantaran kalah telak dari Liverpool pada pertandingan leg pertama.

Jika harus melawan Real Madrid, Barcelona juga memiliki catatan pertemuan bagus melawan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan. Pada musim ini, mereka bahkan bisa mengalahkan Real Madrid, 3-0.

Sumber: Sportskeeda

Lanjutkan Membaca ↓