5 Calon Penerus Iniesta di Barcelona

Oleh Liputan6.com pada 10 Apr 2018, 21:17 WIB
Diperbarui 10 Apr 2018, 21:17 WIB
FOTO: Susunan Tim Terbaik Dunia Versi FIFA Tahun 2017
Gelandang veteran Barcelona Andres Iniesta (AFP/Josep Lago)

Barcelona - Peran Andres Iniesta di Barcelona mulai berkurang. Usia yang mulai menua membuat Blaugrana bergerak mencari penggantinya.

Pada Maret lalu, Iniesta membeberkan kalau suda menerima tawaran untuk hijrah ke Tiongkok. "Sebelum 30 April saya harus membuat keputusan apakah saya masih di Barcelona atau ke Tiongkok. Saya arus menilai apa yang terbaik buat saya dan klub," bilang Iniesta.

Kondisi ini jelas memaksa El Barca segera bergerak cari penggantinya. Ada nama Philippe Coutinho yang baru saja didatangkan.Tapi nyatanya, Blaugrana harus tetap mendapatkan pemain lain untuk berkompetisi demi posisi utama.

Berikut ada lima calon pengganti Andres Iniesta di Barcelona dikutip dari Sportskeeda:

 

2 dari 6 halaman

5. Carles Alena

Espanyol vs Barcelona
Pemain Barcelona, Carles Alena, berebut bola dengan pemain Espanyol, Oscar Melendo (kanan), dalam laga Piala Super Catalunya di Estadio Nou Tarragona, Rabu (26/10/2016) dini hari WIB. (AFP/Lluis Gene)

Bagi banyak orang, nama Carles Alena mungkin tidak terdengar asing. Alena adalah pemain sepak bola Spanyol yang bermain untuk Barcelona B sebagai kapten dan gelandang tengah.

Pemain berusia 20 tahun itu membuat debut bersama Barcelona senior di Copa del Rey 2016/17 ketika mencetak gol dalam hasil imbang 1-1 kontra Hercules. Dia sejauh ini telah membuat 3 penampilan untuk Barcelona di La Liga, tetapi belum memikat Manajer baru Ernesto Valverde.

Keterampilan, visi, dan kecerdasannya yang luar biasa membuatnya menjadi salah satu pemain muda paling menjanjikan di Barcelona. Dia berada di klub yang tidak ragu-ragu untuk mempromosikan pemain yang tumbuh di rumah.

La Masia telah menghasilkan beberapa pemain jenius seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Lionel Messi, dan Sergio Busquets. Alena tentunya memiliki potensi untuk bergabung dengan barisan mereka di masa depan.

 

3 dari 6 halaman

4. Arthur

Arthur Melo
Arthur Melo, Winger Gremio yang diminati Barcelona (NELSON ALMEIDA / AFP)

Menurut situs web resmi Barcelona, raksasa Catalonia itu telah mencapai kesepakatan dengan klub Brasil, Gremio, tentang opsi pembelian untuk Arthur. Pemain berusia 21 tahun ditebus Barcelona dengan harga 30 juta euro ditambah 9 juta euro dalam variabel.

Arthur akan tinggal bersama Gremio hingga akhir tahun dan bergabung dengan Barcelona pada Januari 2019. Arthur mewakili Brasil U-17 dan U-19 tahun sertta telah dipanggil ke skuat Timnas senior Brasil dalam berbagai kesempatan.

Dia diklaim merupakan gelandang yang berbakat secara teknis, dikenal karena keseimbangannya, kemampuan passing, pergerakan dengan bola, dan kecepatan. Arthur memiliki semua kualitas yang tepat untuk melakukan hal-hal hebat dalam kariernya.

4 dari 6 halaman

3. Jean Seri

Jean Michel Seri
Jean Michel Seri (VALERY HACHE / AFP)

Pemain asal Pantai Gading itu merupakan salah satu gelandang terbaik di Ligue 1 saat ini. Jean Seri bermain sebagai gelandang tengah untuk klub Prancis, Nice. Seri berada di ambang pindah ke Barcelona pada musim panas tetapi kesepakatan gagal pada menit terakhir karena masalah dengan harganya.

Menurut jurnalis Prancis, Julien Laurens, Nice menaikkan harga dari 40 juta menjadi 50 juta pounds pada saat-saat terakhir. Itulah satu-satunya alasan klub Catalonia itu menarik diri.

Seri adalah gelandang tengah serang punya akurasi 90,6 persen pada musim ini ini. Dia telah mencetak 11 dan 19 assist dalam tiga musim terakhirnya bersama Nice. Dia dianggap pemain kreatif yang suka mengatur gol untuk rekan timnya. Bisa menjadi tambahan yang bagus untuk skuat Barcelona.

5 dari 6 halaman

2. Marco Verratti

PSG, Liga Champions, Latihan PSG
Marco Verratti(AFP/Franck Fife)

Marco Verratti merupakan pemain kelas dunia, yang dianggap sangat lihai mengalirkan bola di ruang sempit, kemampuan passing, kaki cepat, dan visi berkelas. Dia telah dikaitkan beberapa kali dengan Barcelona.

Gelandang Italia itu melakukan rata-rata 92,7 operan per game di Ligue 1 musim ini, dengan akurasi 91,2%. Dengan 1,3 umpan kuci dan 1,9 dribel sukses per laga, dia jelas otak permainan PSG. Dalam dua musim terakhirnya untuk PSG, pemain berusia 25 tahun ini telah mencetak 5 gol dan 12 assist.

Barcelona mencoba mengontraknya musim panas lalu tetapi PSG bersikeras mempertahankannya dan kesepakatan itu tidak terjadi. Verratti baru berusia 25 tahun dan telah memainkan lebih dari 200 laga untuk PSG. Dia memiliki semua pengalaman dan keterampilan untuk menjadi pengganti jangka panjang bagi Andres Iniesta.

 

6 dari 6 halaman

1. Christian Eriksen

Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, Premier League, Christian Eriksen
Gelandang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen mencetak gol indah ke gawang Chelsea pada pekan ke-32 Premier League di Stamford Bridge, London, (1/4/2018). Tottenham menang 3-1. (AFP/Glyn Kirk)

Christian Eriksen merupakan salah satu pemain paling banyak dicari di Eropa saat ini. Sejak pindah ke Tottenham Hotspur pada 2013, mantan bintang Ajax itu telah mencetak 41 gol dan 46 assist di Liga Inggris.

Dia berada di bawah radar banyak klub top Eropa dan menurut The Sun, raksasa Catalonia itu tertarik untuk mendatangkan pemain berusia 26 tahun tersebut. Namun, Tottenham Hotspur kabarnya tidak memiliki niat untuk menjual salah satu aset yang paling berharganya itu.

Eriksen dengan mudah bisa masuk ke salah satu tim terbaik Eropa sekarang. Dia adalah pemain yang punya visi bagus, kesadaran ruang, dan kemampuan untuk memainkan bola. Dia merupakan seorang finisher yang baik dan membaca permainan dengan indah. Eriksen memiliki semua kualitas untuk membuat Barcelona menjadi tim yang lebih baik.

Eka Setiawan

Sumber: www.liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓