5 Pemain Paling Loyal Setia di Barcelona

Oleh Liputan6.com pada 11 Mei 2018, 21:33 WIB
Liga Champions, Selebrasi, Real Madrid

Barcelona - Barcelona sudah menjelma menjadi salah satu klub paling sukses di dunia. Pemain bintang datang dan pergi di klub yang didirikan pada 1899 ini.

Di antara pemain bintang yang pernah membela Barcelona antara lain Patrick Kluivert, Johan Cruyff Ronaldo, Diego Maradona, Ronaldinho, Carles Puyol, dan Xavi Hernandez. Bukan hanya itu, Barcelona semakin beruntung karena ada beberapa bintang yang loyal kepada klub.

Xavi contohnya, yang total 17 tahun di sana sebelum hengkang ke Al Sadd. Teranyar ada Andres Iniesta yang memutuskan untuk pensiun di Barcelona. Dia pun berikrar tidak main di klub Eropa lainnya. Lantas, bagaimana dengan skuat Barca saat ini?

Berikut lima pemain bintang Barcelona yang paling loyal dikutip dari Sportskeeda:

 

 

 

 

2 of 6

5. Jordi Alba

Pemain Gaji Tinggi, Barcelona
Jordi Alba (AFP/Jose Jordan)

Memulai kariernya sebagai pemain sayap kiri, Jordi Alba adalah anggota tim muda Barcelona sampai 2005 sebelum pindah ke Cornella dan kemudian Valencia. Dia menghabiskan tiga musim di Valencia, dan bertransisi dari pemain sayap kiri ke bek kiri.

Barcelona lantas memutuskan untuk membawanya kembali ke Camp Nou dengan mahar 14 juta euro dan menandatangani lima tahun pada 2012. Sejak itu, Jordi Alba telah membuat 239 penampilan untuk Blaugrana di semua kompetisi dan bahkan telah mencetak 12 kali.

Lebih penting lagi, pemain berusia 29 tahun itu telah memenangkan 13 gelar utama, termasuk 4 gelar La Liga, 4 gelar Copa del Rey dan 1 trofi Liga Champions UEFA. Saat ini diakui sebagai salah satu bek kiri terbaik di dunia, Alba dikontrak sampai 2020, tetapi akan diharapkan untuk menjadi bagian dari Barcelona lebih lama. Saat ini dia memasuki musim keenamnya di Barca.

3 of 6

4. Sergio Busquets

Pesepak Bola Jadi Meme, Mario Balotelli, Sergio Busquets
Sergio Busquets (AFP/Jose Jordan)

Sergio Busquets bergabung dengan tim muda Barcelona pada 2005 sebelum dipromosikan ke Barcelona B oleh Pep Guardiola 2007. Pada musim yang sama, Busquets juga dipromosikan ke tim utama, membuat debutnya di La Liga pada tahun 2008.

Di bawah arahan Guardiola, Busquets naik daun dan segera membuktikan dirinya sebagai bagian penting tim utama Barcelona. Gelandang bertahan yang solid, pemain asal Spanyol ini telah membuat 40 lebih penampilan dalam 10 musim di klub.

Selanjutnya, Busquets telah mengangkat total 27 trofi utama dengan Barcelona termasuk tujuh gelar La Liga dan tiga trofi Liga Champions. Baru berusia 29 tahun, Busquets saat ini memiliki kontrak hingga 2021 dan akan terlihat untuk memenangkan beberapa trofi lagi sebelum waktunya di klub berakhir.

4 of 6

3. Gerard Pique

Pencetak Gol Kemenangan, Liga Champions 2017-2018
Gerard Pique (AP/Manu Fernandez)

Gerard Pique awalnya bergabung dengan tim muda Barcelona pada usia 10 tahun dan melanjutkan untuk menghabiskan 7 tahun sebagai gelandang bertahan. Pada 2004, sebelum ia menandatangani kontrak profesional dengan Blaugrana, Manchester United datang dan memikatnya secara gratis.

Pique menghabiskan empat musim di Manchester United, memenangkan Liga Inggris dan Liga Champions sebelum kembali ke Barcelona pada 2008. Sejak itu, dia berubah jadi ikon tim dan telah menjadi salah satu bek tengah terbaik di dunia.

Saat ini dia berada di musim ke-10 Barcelona dan telah memenangkan total 26 gelar besar, termasuk tujuh gelar La Liga dan tiga gelar Liga Champions . Pada usia 31 tahun, Pique masih memiliki banyak hal yang ditawarkan dan tidak mengherankan jika dia bisa memenangkan beberapa trofi lagi sebelum cabut atau pensiun.

5 of 6

2. Lionel Messi

FOTO: Real Madrid Tahan Barcelona di Stadion Camp Nou
Lionel Messi (AFP/Lluis Gene)

Kata-kata tak akan cukup menggambarkan betapa pentingnya Lionel Messi bagi Barcelona dan dunia sepak bola, secara umum. Juga produk La Masia, Leo Messi adalah bagian penting dari tim muda terbesar Barcelona alias "Baby Dream Team", bersama beberapa nama termasuk Gerard Pique dan Cesc Fabregas.

Pemain kecil asal Argentina itu segera melesat ke atas, dengan sangat mewakili lima tim Barcelona berbeda (Juveniles B, Juveniles A, Barcelona C, Barcelona B, dan tim utama) dalam satu musim. Hingga kini, La Pulga telah menghabiskan 14 musim di Barcelona, setelah mencetak total 551 gol dalam 635 penampilan di semua kompetisi.

Catatan itu melampaui sejumlah rejkor untuk klub dan sebaliknya. Messi juga memenangkan total total 32 gelar utama termasuk 9 gelar La Liga dan 4 gelar Liga Champions. Lionel Messi secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbesar yang pernah menghiasi sepak bola dan juga klubnya.

6 of 6

1. Andres Iniesta

10 Bintang Sepak Bola yang Dicintai oleh Fans Rival
Andres Iniesta (AFP/Ander Gillenea)

Andres Iniesta telah mempersembahkan seluruh kariernya bersama Barca. Setelah bergabung dengan akademi klub, La Masia, pada usia muda 12 tahun pada 1996, Iniesta perlahan menjadi salah satu pahlawan terbesar klub.

Iniesta masuk ke tim utama Barcelona pada 2002. Tak lama setelah Iniesta tiba di klub, kapten yang saat itu, Pep Guardiola secara terkenal berseru kepada rekan setimnya, Xavi, "Anak ini [Iniesta] akan memensiun kami semua."

Begitulah kecemerlangan yang bersinar melalui Iniesta semasa kecilnya. Dia telah menghabiskan total 16 musim di klub, membuat 669 penampilan di semua kompetisi, memenangkan 32 gelar utama bersama Barcelona.

Meskipun menandatangani kontrak seumur hidup dengan Barcelona, maestro Spanyol tersebut baru-baru ini mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan klub pada akhir musim. Dia berjanji andai terus bermain, tak akan tampil di La Liga karena tak mau melawan klub yang dicintainya. (Indra Eka Setiawan)

Lanjutkan Membaca ↓