3 Alasan Thibaut Courtois Bakal Berkilau di Real Madrid

Oleh Liputan6.com pada 14 Agu 2018, 21:11 WIB
Diperbarui 14 Agu 2018, 21:11 WIB
La liga, Real Madrid, Thibaut Courtois
Kiper baru Real Madrid, Thibaut Courtois, mencium lambang klub saat diperkenalkan di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (9/8/2018). Pemain berusia 26 tahun pindah setelah empat musim terakhir jadi kiper utama Chelsea. (AP/Andrea Comas)

Jakarta - Real Madrid sukses menggaet Thibaut Courtois musim panas ini. Los Blancos mengikat pemain Belgia itu selama enam musim. 

Dengan kontrak di Chelsea hanya menyisakan semusim, Real Madrid tidak perlu mengeluarkan biaya mahal bagi Courtois. 

Mereka dilaporkan mengeluarkan 35 juta poundsterling baginya. Memiliki kiper kelas dunia, gawang Los Blancos pun semakin sulit untuk dibobol. 

Namun, Courtois belum pasti masuk tim utama Real Madrid. Dia harus bersaing dengan Keylor Navas. 

Meski begitu, mantan penjaga gawang Atletico Madrid itu diyakini bakal sukses di Real Madrid. Berikut tiga alasannya seperti dilansir Sportskeeda:

 

2 dari 4 halaman

Kiper Galactico

La liga, Real Madrid, Thibaut Courtois
Kiper baru Real Madrid, Thibaut Courtois, berpose saat diperkenalkan di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (9/8/2018). Pemain berusia 26 tahun pindah setelah empat musim terakhir jadi kiper utama Chelsea. (AP/Andrea Comas)

Courtois adalah Galactico siap pakai. Setelah meraih 16 clean sheet pada musim lalu, dia mendapat Golden Glove Premier League. Courtois juga membantu Chelsea memenangkan gelar Premier League pada 2014-15 setelah kembali dari Atletico Madrid.

Courtois mendapat penghargaan bergengsi Golden Glove atas performa luar biasa bersama Belgia di Piala Dunia 2018. Dalam 7 pertandingan, ia mengemas 3 clean sheet dan punya rekor penyelamatan sebesar 81,8 persen.

Courtois juga mendistribusikan 124 operan sukses dengan rata-rata 67 persen, dan rata-rata 26,4 operan per pertandingan. Penampilannya melawan Brasil di perempatfinal Piala Dunia sangat luar biasa, dan akhirnya membantu Belgia meraih kemenangan bersejarah 2-1 atas tim Samba.

Sebelum Keylor Navas, Real Madrid punya kiper Galactico dalam bentuk Iker Casillas. Setelah pindah ke Porto, Madrid kesulitan mencari penggantinya. Dengan Courtois, mereka sudah menemukan penggantinya.

3 dari 4 halaman

Berpengalaman di Spanyol

La liga, Real Madrid, Thibaut Courtois
Kiper baru Real Madrid, Thibaut Courtois, melempar bola saat diperkenalkan di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (9/8/2018). Pemain berusia 26 tahun pindah setelah empat musim terakhir jadi kiper utama Chelsea. (AFP/Javier Soriano)

Courtois sudah punya pengalaman bermain di La Liga sebelumnya. Setelah direkrut Chelsea dari Genk, dia langsung dipinjamkan ke Atletico Madrid.

Selama tiga musim, dia adalah salah satu pemain kunci di dalam tim asuhan Diego Simeone. Pada musim pertamanya, Atletico Madrid memenangkan Liga Europa dengan mengalahkan Athletic Bilbao 3-0 dan dia mengemas clean sheet dalam pertandingan tersebut.

Pada musim 2013-14, Courtois hanya kebobolan 24 gol. Dia memainkan peran penting dalam membawa Atletico memenangkan gelar La Liga untuk pertama kalinya sejak 1996.

Courtois tidak akan butuh banyak waktu untuk beradaptasi di Spanyol. Seluruh keluarganya berada di Madrid sehingga Courtois sekarang bisa fokus sepenuhnya di atas lapangan. Dia akan terbukti menjadi pembelian yang sangat penting untuk Real Madrid.

4 dari 4 halaman

Kiper Kelas Dunia

Real Madrid, Thibaut Courtois, Chelsea
Courtois saat membela Chelsea. (AFP/Oli Scarff)

Courtois sudah menjelma menjadi salah satu kiper terbaik di dunia. Dia kiper yang luar biasa dan brilian dalam situasi satu lawan satu.

Dia sebelumnya menjadi tulang punggung Chelsea dan akan melanjutkannya di Real Madrid. Penempatan posisi dan ketenangannya tidak ada duanya dan dia punya kebiasaan meraih clean sheet dengan melakukan penyelamatan penting.

Courtois menyabet Golden Glove di Piala Dunia 2018 dan dia mungkin bisa membantu Real Madrid memenangkan gelar La Liga pada musim ini.

 

Sumber: Bola.net

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Prediksi Liga Champions, Misi Sulit Liverpool untuk Kalahkan Real Madrid