Sukses


5 Terobosan Teknologi Dalam Penyiaran Laga La Liga: SkyCam sampai Siaran 4K

Bola.com, Jakarta - La Liga 2018-2019 sudah berlangung sampai jornada 3. Bagi Sahabat Bola.com yang menyaksikan pertandingan via televisi atau telepon seluler, ada beberapa fitur yang mungkin baru muncul.

Hal itu tak lepas dari usaha pengelola La Liga mengaplikasikan beragam layanan fitur anyar. Menurut Rodrigo Gallego Abad, Delegate of La Liga Global Network Indonesia, sejumlah terobosan tersebut bertujuan memanjakan penonton.

"Kami berharap setiap penonton La Liga akan merasakan pengalaman benar-benar seperti berada di lapangan. Kami senang jika para penonton bisa terpacu adrenalinnya, dada berdegup kencang dan menghidupkan suasana," sebut Rodrigo, Rabu (5/9/2018), di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta.

Managing Director of La Liga Southeast Asia, Japan and South Korea, Ivan Codina menyebut, langkah-langkah tersebut bisa semakin mendekatkan La Liga dengan budaya dan kebiasaan menonton masyarakat Indonesia.

Berikut ini 5 terobosan penyiaran La Liga:

 

2 dari 6 halaman

1. Siaran 4K

Pada setiap pekan pertandingan, penonton akan menikmati dua laga dengan format 4K, terutama bagi mereka yang menonton via layar kaca. Sistem HDR alias High Dynamic Range, menawarkan konrak dan tingkat kecerahan warna yang lebih baik. Sistem penyiaran 4K bakal dilakukan bersamaan dengan produksi berkualitas HD (High Definition).

 

3 dari 6 halaman

2. Sky Cam

La Liga mengimplementasikan studi teknik pada delapan stadion pada musim ini. Hal itu bertujuan menganalisa kemungkinan pengaplikasian Sky Cam. Delapan stadion La Liga telah memiliki teknologi ini dengan tiga stadion yang masih dipasang.

Delapan venue tersebut antara lain Santiago Bernabeu (Real Madrid), Camp Nou (Barcelona), Estadio Wanda Metropolitano (Atletico Madrid), San Mames (Athletic Bilbao), Mestalla (Valencia), Estadi Cornella-El Prat (Espanyol), Ramon Sanchz Pizjuan (Sevilla) dan Estadio Benito Villamarin (Real Betis).

 

4 dari 6 halaman

3. Kamera Goal-Line

Langkah ini sejalan dengan penggunaan dan pengaplikasian teknologi VAR (Video Assistant Referee). La Liga akan memasang kamera Goal-Line di seluruh stadion.

 

5 dari 6 halaman

4. Kamera Sinematik

Sesaat sebelum pertandingan, penonton akan mendapat 'feed' menawan dan artistik. Hal itu berasal dari penggunaan DSLR atawa Digital Single Lens Reflex), yang menawarkan aspek sinematik. Alhasil, gambar akan lebih memenui rasa estetika dan menambah unsur emosional dalam pertandingan La Liga.

 

6 dari 6 halaman

5. Beauty Cam

La Liga memasang kamera fisheye atau kamera sudut lebar di posisi tertinggi setiap stadion. Hasil foto ini akan memberikan tampilan lapangan yang estetis dan dapat mendukung program pra- dan pascapertandingan.

Video Populer

Foto Populer